Beranda Kepemudaan 20 Tahun Berlalu, Lomba Panjat Pinang di Mirring Kembali Digelar

20 Tahun Berlalu, Lomba Panjat Pinang di Mirring Kembali Digelar

102
Terlihat warga Desa Mirring menyaksikan Peserta sedang memanjat pohon pinang di lapangan Bolavoli desa mirring Jumat 18/08/2017 (Foto: Nurdin)

PaTTaE.com | Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI)‎ dimeriahkan dengan berbagai lomba. Salah satu lomba paling dirindukan saat momen 17 Agustusan adalah panjat pinang.

Memeriahkan ‎hari kemerdekaan RI, Generasi Muda Mirring Bersatu (GEMA MIMBAR) pun menyelenggarakan lomba panjat pinang di lapangan Bolavoli Desa Mirring Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar Jum’at 18 Agustus 2017 kemarin.

Baca Juga: (Begini Cara Warga Dusun Mirring Peringati HUT RI ke-72)

Meskipun hanya 1 pohon pinang tersedia, lomba yang diadakan para pemuda desa Mirring ini tetap menjadi tontonan menarik bagi warga setempat yang sudah lama tak menyaksikan lomba panjat pinang tersebut.

Kegiatan yang bertemakan “Sipaka Rio-rio” menghimpun peserta panjat pinang dari usia dewasa dan terbagi dalam beberapa kelompok, dimana setiap kelompok terdapat 4 orang anggota yang siap menggapai puncak pohon pinang.

Pada puncak pohon pinang tersebut hadiah pun menanti berupa Jam Tangan, Senter, Baju, Topi, Perlengkapan Cuci, jenis makanan ringan, dan Minuman. Bukan hanya itu, uang tunai yang telah disiapkan oleh panitia menjadi hadia utama bagi sang pemenang nantinya.

Suasana Lomba Panjat Pinang yang diselenggaran pemuda Desa Mirring jumat 18/08/2017 (Foto: Nurdin)

Kepala dusun Mirring mengaku senang dan bangga karena setelah 20 tahun lamanya (sejak tahun 2002) perlombaan panjat pinang di desa Mirring tak pernah terlaksana lagi. baru tahun ini (2017) diadakan kembali.

“Sudah 20 tahun kegiatan tersebut tidak pernah lagi diadakan di Mirring,dan baru kali ini, kami sangat bangga dan senang dengan kegiatan panjat pinang ini “ tutur Haji Marahu

Haji Maharu juga menambahkan “Lomba yang di adakan oleh pemuda tersebut (Gema Mimbar) jangan lihat hadiahnya, tapi lihatlah bagaimana masyarakat saling berkumpul dan bergembira dan terhibur sehingga dapat tercipta kerukunan antar warga” tambahnya

Sementara itu, salah satu warga Mirring, Usman, yang ditemui kontributor pattae.com di area lomba panjat pinang tersebut mengatakan “Dengan diadakanya kegiatan tersebut kami (masyarakat setempat) sangat terhibur dengan kegiatan 17-an tersebut dan berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahunya” tuturnya

Seperti diketahui sebelumnya, peringatan Hari ulang tahun kemerdekaan RI-72 di desa Mirring memperlombakan beragam jenis lomba seperti Lari Karung memakai Helem, Joget Balon, Lari Estafet Kelereng, Makan Kerupuk, Panjat Pinang, Tarik Tambang dan Lari Maraton.

Kontributor: Nurdin**