Beranda Garume Alasan Mengapa Kampung Halaman Selalu Dirindukan

Alasan Mengapa Kampung Halaman Selalu Dirindukan

301
BAGEI TOLAEN !
Desa Mirring, Kecamatan Binuang Kab. Polewali Mandar.
Desa Mirring, Kecamatan Binuang Kab. Polewali Mandar.

PATTAE.com | Sejauh manapun kita melangkah, sejauh apapun tempat kita merantau, kampung halaman kan selalu menjadi tempat terindah untuk pulang, dan selalu dirindukan kala kita jauh. Paling tidak, setahun sekali kita pulang ke kampung halaman.

Kampung halaman tempat lahir kita, tempat kita dibesarkan, tempat kita mendapat kasih sayang orang tua, tempat segalah keindahan, kebahagian bersama keluarga, teman semasa kecil, tempat spesial yang dirindukan, kesemuanya itu mendorong hati kita tuk kembali ke kampung halaman yang kita cintai.

Sejahat apapun kampung halaman, dan sesukses apapun kita dikampung rantauan, bukan menjadi penghalang tuk pulang, bukan pula menjadi alasan kampung halaman kita lupakan, karena tidak ada alasan tuk melupakan segala kenangan dimana kita dilahirkan dan dibesarkan.

Tulisan ini kan mengurai beberapa alasan mengapa kita tak bisa melupakan kampung halaman, dan tetap menjadi kerinduan tuk melangkah pulang. Berikut alasan-alasannya:

Rindu Keluarga

Alasan utama para perantau memilih pulang ke kampung halaman adalah rasa rindu akan keluarga. Banyak orang memilih merantau dari kampung halaman karena keluarga, dan memilih pulang pun karena alasan keluarga.

Keluarga memang tak ada duanya dalam kehidupan setiap orang, karena dari sana lah kita besar dan tumbuh menjadi dewasa, karena itu, sangat sulit untuk terpisah lama dari keluarga, apalagi kalo lagi ingat masakan ibu dirumah, ngumpul bareng dengan sanak keluarga tentu menjadi factor pendorong tuk segera pulang ke kampung halaman.

Rindu Teman Masa Kecil

Sumber Foto www.bacaanpopuler.com Tahun 2015

Alasan kedua ini tentunya juga tidak bisa lepas dari alasan perantau tuk segera kembali kekampung. Rindu dengan teman-teman masa kecil, juga menjadi faktor pendorong tuk cepat-cepat pulang

Semua orang pasti memiliki masa-masa menyenangkan semasa kecil bersama teman-teman sebayanya, bermain bersama, bercanda bersama, menjadi hal yang sangat dirindukan

Kenangan semasa kecil membuat kita penasaran, dan selalu mencari kabar berita teman bermain kita semaca kecil dulu. Keinginan ngumpul bersama, bercerita masa lampau yang menyenangkan, tentu menjadi tema pembahasan kala berjumpa nantinya.

Rindu Tradisi Kampung Halaman

salah satu tradisi yang ada di kampung (Pa’Bongian)

Disetiap kampung, tentu memiliki tradisi yang berbeda-beda. Sehingga tak kita jumpai tradisi kampung halaman kita dikampung orang lain, dan pastinya kita merasa terasing dari kehidupan kita sebelumnya, dan mencoba beradaprasi dengan kehidupan baru di kampung rantauan.

Dengan melihat tradisi di kampung tempat kita merantau, tentunya tersirat di ingatan akan kampung halaman kita, yang tidak kalah menariknya akan tradisi-tradisi masyarakat yang menampilkan segala ciri khas kampung halaman.

Itulah ketiga alasan yang membuat kita tetap merindukan kampung halaman kala kita di daerah perantauan, dan mungkin masih banyak lagi yang menjadi alasan kenapa kampung halaman dirindukan, karena kampung halaman begitu banyak menyimpan cerita yang tak akan pernah pudar ceritakan.(*)