Beranda Up Date News Balajuk, Ciri Khas Masyarakat Pattae Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW

Balajuk, Ciri Khas Masyarakat Pattae Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW

139
Balajuk, merupakan Ciri Khas dalam perayaan maulid Nbi Muhammad SAW pada masyarakat Pattae. Foto: Noer

PaTTaE.com | Warga Dusun Biru Desa Batetangnganga merayakan maulid Nabi Muhammad SAW dengan sajian khas masyarakat Pattae di masjid Baburrahman Biru pagi tadi Jumat 23/11/2018.

Beragam sajian pada perayaan maulid seperti Telur dan Sokko tertancap di pohon pisang yang masyarakat Pattae menyebutnya sebagai Balajuk.

Hal ini merupakan ciri khas masyarakat pattae yang ada di Dusun Biru Desa Batetangnga Binuang Polewali Mandar.

Antusias masyarakat Dusun Biru tahun ini sangat luar biasa dimana para ibu-ibu berbondong-bondong membawa sajian makanan.

Sajian makanan Tersebut berupa ayam yang telah di masak sebelumnya, Telur, dan Sokko yang terbuat dari beras ketan beragam jenis.

Kurang lebih 300 butir telur dan ratusan sokko menghiasi balajuk yang telah disediakan oleh panitia pelaksana maulid.

Mulai Kepala Desa Batetangnga, aparat Desa, dan sejumlah tokoh masyarakat Desa turut hadir pada perayaan maulid kali ini. meski perayaan maulid kali ini dilaksanakan cukup sederhana namun, partisipasi masyarakat Dusun Biru sangat antusias ikut merayakan hari kelahiran nabi besar Muhammad SAW.

Sejumlah Tokoh Masyarakat dan Aparat desa turut hadir dalam perayaan maulid Nabi Muhammad SAW. Foto: Noer

Tidak lama setalah Balajuk ditancapkan telur yang telah dihiasi dan sejumlah Sokko pada batang bawah pohon pisang. Zikir atau Cakkiri pun dimulai Imam Masjid Dusun Biru dan Imam Masjid Desa Batetangnga.

Sajian makanan tersebut disantap setalah melakukan pujian kepada Nabi besar Muhammad SAW melalui kegiatan yang disebut Macakkiri.

Setalah rangkaian acara Macakkiri dilakukan. ibu-ibu menyiapkan makanan siap santap ketempat yang telah disediakan. sebagai penutup acara perayaan maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan pada bulan Rabiaul Awwal 1440 Hijriyah. (NOER)*