Beranda Kegiatan Sosial BPJS Kesehatan Sosialisasi JKN/KIS Di Kuajang

BPJS Kesehatan Sosialisasi JKN/KIS Di Kuajang

80
Sosialisasi BPJS Kesehatan Terkait JKN/KIS, Desa Kuajang (07/06)

PaTTaE.com| BPJS Cabang Polewali Mandar mengadakan kegiatan Goes To Desa guna memberikan pengetahuan ke masyarakat tentang pelayanan kartu BPJS Kesehatan di tempat pelayanan kesehatan bertempat di dusun Lemo Baru desa Kuajang Kabupaten Binuang Polewali Mandar Kamis 7 Juni 2018.

Dalam kegiatan Goes To Desa, pihak BPJS Cabang Polewali Mandar melakukan sosialisasi penggunaan dan keunggulan kepesertaan masyarakat dalam kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau yang sering disebut Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Disamping Ibu-ibu majelis Ta’lim dusun Lemo Baru dan sejumlah masyarakat beserta jajaran pemerintah Desa setempat, Dalam kegitan tersebut juga dihadiri Madya Pratiwi selaku pemateri BPJS Kesehatan Cabang Polewali.

Dari materi yang disampaikan, Madya Pratiwi menjelaskan tentang penggunaan kartu JKN atau KIS kepada seluruh peserta yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Salah satu poin yang disampaikan Madya, kartu JKN/KIS dapat dipergunakan diseluruh Indonesia selama fasilitas kesehatan tersebut menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Kartu KIS yang ibu punya bisa dipakai di seluruh Indonesia asalkan sesuai Prosedurnya” kata Madya.

Lebih jauh Madya menjelaskan, peserta JKN/KIS dapat menggunakan kartu tersebut di luar dari tempat dimana kepesertaan tersebut terdaftar selama berada dalam wilayah Indonesia.

Ketentuan peserta, lanjutnya, hanya dapat dilayani sebanyak tiga kali di Puskesmas dan sekali dapat diberikan rujukan ke Rumah Sakit dengan syarat mempunyai rekomendasi dari kantor BPJS setempat.

Sedangkan dalam keadaan darurat atau dengan istilah emergency dapat langsung ditangani oleh Pihak Rumah Sakit kecuali kecelakaan ganda yang memiliki laporan kepolisian, maka biaya pelayanan Rumah sakit ditanggung oleh Jasa Raharja.

Peserta JKN/KIS juga dapat melakukan pengalihan kepesertaan dari Puskesmas lama ke Puskesmas baru, bisa langsung ke kantor BPJS setempat atau langsung mengakses melalui aplikasi BPJS Mobile di Play Store bagi yang memiliki Handpone Android.

“Bila ada peserta JKN/KIS yang terdaftar diluar dari domisili, peserta bisa mengalihkan kepesertaanya, ke Puskesmas terdekat” tutur Madya.

Antusias masyarakat Dusun Lemo Baru menjadi peserta BPJS terlihat dari partisipasi mereka untuk menghadiri kegiatan tersebut. Salah satu peserta kegiatan yang di jumpai sesaat setelah kegiatan berlangsung mengatakan, sangat puas dengan apa yang di sampaikan pihak BPJS.

“Saya mewakili warga Dusun Lemo Baru merasa sangat puas dengan kegiatan tersebut karna dapat menambah pengetahuan tentang penggunaan kartu JKN/KIS itu” ucap ibu yang akrab di panggil Mama Alim. (t7b/tajab*)