Beranda Up Date News BPPIKHL Wilayah Sulawesi Lakukan Verifikasi Program Kampung Iklim di Desa Kaleok

BPPIKHL Wilayah Sulawesi Lakukan Verifikasi Program Kampung Iklim di Desa Kaleok

69
Foto bersama tim Verifikasi Program Kampung Iklim di Kantor Desa Kaleok, Senin 13/8/2018. Photo: Budi

PaTTaE.com | Desa Kaleok merupakan satu-satunya desa di Sulawesi Barat, mendapat verifikasi Program kampung Iklim (Proklim) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) wilayah Sulawesi.

“Balai ini mempunyai tugas, salah satunya melakukan verifikasi Proklim di Sulawesi barat, dan yang lolos verifikasi utama, hanya Desa Kaleok” Ungkap Sudarwanto, Tim Verifikasi dari PPIKHLK-KLHK Wilayah Sulawesi, Senin 13/8/2018.

Verifikasi Lapangan KLHK, dilakukan dengan pemenuhan syarat utama Proklim yaitu mengenai Adaptasi, Mitigasi dan Kelembagaan. dan pemanfaatan Hindro Mikro Desa Kaleok menjadi salah satu yang ditinjau.

Tentang Adaptasi dan Mitigasi

Adaptasi merupakan upaya meningkatkan kemampuan dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan iklim, termasuk Keragaman iklim itu sendiri.  Sehinga, lanjut Sudarwanto, potensi kerusakan akibat perubahan iklim itu berkurang dan dapat dimanfaatkan masyarakat.

Sedangkan Mitigasi itu sendiri, merupakan kegiatan yang dilakukan atau upaya yang dilakukan untuk menurunkan tingkat Emisi Gas Rumah Kaca. dalam kegiatan verifikasi ini, juga melibatkan Dinas Lingkunga Hidup Provinsi dan Dinas  Kabupaten Polewali Mandar sebagai Pendamping.

Desa Kaleok Satu-satunya Kampung yang lolos Verifikasi Proklim

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat, Suardi , mengatakan, Desa Kaleok Kecamatan Binuang, merupakan Desa yang satu satunya di Sulawei Barat (SulBar) lolos Proklim utama tahun ini (2018).

“Bagaimana masyarakat selalu berpartisipasi, dan menjaga sumber mata air, dengan melakukan penanaman pohon. baiknya masyarakat menanam tanaman yang produktif” Tutur Suardi.

Menurut kepala Bidang Penataan dan peningkatan Kapasitas Lingkungan hidup, Hikmah, mengatakan, Pelaksanaan Verlap ini merupakan salah satu upaya yang perlu didukung semua pihak karena, dengan adanya Proklim masyarakat, dapat melakukan upaya Adaptasi dan Mitigasi terkait dengan perubahan iklim.

“Proklim bukan sekedar mendapatkan Penghargaan tapi mengajarkan semua pihak bahwa upaya Adaptasi dan Mitigasi perlu terus dilakukan. masyarakat sebenarnya, sudah melakukan berbagai kegiatan tapi, mereka belum paham yang dilakukan itu memberikan kontribusi yang besar dalam menurunan Emisi Gss Rumah Kaca”. Tututr Hikmah.

“sehingga kegiatan Proklim perlu terus dikembangkan, dan dilanjutkan dibeberapa lokasi. bukan hanya di Kaleok, tetapi dibeberapa lokasi lainnya di kabupten Polewali Mandar”. Tambahnya

Sebelum tim verifikasi Proklim berkunjung ke lokasi, Kepala Desa Kaleok M. Hajir, mengaku telah melakukan pembenahan di beberapa titik yang akan di verifikasi, salah satunya Kincir air yang merupakan energi terbarukan dan melakukan sosialiasi, dan menjaga kebersihan lingkungan.

Saparuddin selaku Ketua Tim Proklim Desa Kaleok mengatakan, sebelumnya telah melakukan kunjungan terkait Proklim ke Salah satu Desa yang pernah mendapatkan penghargaan dari kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yaitu Desa Poleonro, Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone Provin Sulawesi Selatan.(Amri*/)