Beranda Ekonomi Budidaya Pepaya California Menjadi Peluang Bisnis Warga Beluak

Budidaya Pepaya California Menjadi Peluang Bisnis Warga Beluak

199
Foto Budidaya Pepaya California Milik Sitti, petani asal Dusun Beluak, Desa Duampanua. Photografer: Gabriel.
Foto Budidaya Pepaya California Milik Sitti, petani asal Dusun Beluak, Desa Duampanua. Photografer: Gabriel.

PaTTaE.com | Budidaya Pepaya California sebagai andalan ekonomi yang menjanjikan bagi masyarakat Dusun Beluak, Desa Duampanua, Kecamatan Anreapi, Polewali Mandar.

Warga Dusun Beluak sendiri sudah banyak yang membudidayakan Pepaya California di kebun mereka dengan memanfaatkan lahan sekitar rumah miliknya. Seperti yang di lakukan Sitti (45), yang menanam Pepaya California di lahan kebun miliknya.

Petani asal Dusun Beluak, Desa Duampanua, ini mengaku tertarik membudidayakan Pepaya jenis California tersebut karena terbilang cukup mudah. Selain itu, harga jualnya juga cukup tinggi.

Tanaman (Pepaya Jenis California) ini mudah dibudidayakan dan cepat juga pertumbuhannya, karna usia 4 bulan sudah bisa di panen, dan juga harga perbuah  juga tinggi, kisaran Rp 5.000 sampai Rp 20.000”. Ujar Sitti saat di temui di lahan garapannya Minggu 09/12/2018.

Untuk proses pemasaran, tambah Sitti, petani bisa menjual langsung ke pasar, atau menjualnya ke pedagang yang datang ke lahan. Petani tinggal memilih pedagang yang paling cocok untuk urusan harga.

Kalau saya, biasa jual hasil panen ke pedagang yang datang langsung, yang penting cocok harga, kalau tidak cocok, ya…, biasa juga langsung di bawa ke pasar”. Tutur sipetani yang memulai membudidayakan Pepaya California sejak Tahun 2017 tersebut.

Tips Budidaya Pepaya California

Foto para kontributor pattae.com saat berkunjung ke lahan budidaya Pepaya California milik warga Dusun Beluak, Desa Duampanua
Foto para kontributor pattae.com saat berkunjung ke lahan budidaya Pepaya California milik warga Dusun Beluak, Desa Duampanua, Minggu 09/12/2018. Photografer Gabriel.

Pada proses budidaya Pepaya California tersebut, Ibu lima anak ini juga sempat berbagi tips, mulai proses pembibitan hingga panen, ia jelaskan saat dikunjungi dilahan garapan miliknya.

Dalam Proses pembibitan, jelasnya, terbilang relatif mudah, hanya menanam biji Pepaya ke dalam polybag (Koker) yang sudah terisi tanah. Kemudian, Jika tinggi tanaman sudah mencapaia 10 cm, tanaman tersebut lalu di pindahkan ke ladang yang telah di siapkan.

Untuk menghasilkan buah yang padat dan berukuran besar, penataan jarak antar pohon pepaya sangat diperlukan. Jarak tersebut akan mempengaruhi ukuran buah, semakin jauh jarak antar pohon, maka semakin besar pula buah yang dihasilkan. Jarak antar pohon diperlukan minimal 2 meter.

Tidak hanya proses pembibitan yang mudah, ia juga menambahkan, perawatan tanaman pun juga terbilang mudah karna tidak menggunakan teknik atau pupuk khusus. Dalam proses penenaman, Cukup meggunakan Pupuk Kandang dan Pupuk Anorganik.

Warga yang ingin ikut membudidayakan Pepaya jenis California tersebut, bibitnya bisa di dapat dari kelompok tani Tunas Harapan Dusun Beluak, Desa Duampanua. Pepaya California ini termasuk program kelompok tani yang ada di Desa Duampanua. (Nur Asyiqin)*