Beranda Kepemudaan BUMDes Tomirandanan Buka Galery Coffee Kaleok di Kota Polewali

BUMDes Tomirandanan Buka Galery Coffee Kaleok di Kota Polewali

156
Foto Galery Coffee Kaleok Milik BUMDes Desa kaleok. Jepretan Amri
Foto Galery Coffee Kaleok Milik BUMDes Desa kaleok. Jepretan Fardi Sitola

BUMDes Tomirandanan kini hadir di pusat kota Polewali dengan membuka warung kopi (warkop) Galary Coffee Kaleok untuk mempromosikan produksi Desa Kaelok, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini, menjadi salah satu program strategis pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di pedesaan.

Sejak berlakunya Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, BUMDes menjadi pilar kegiatan ekonomi desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial paling efektif. Hal inilah memantik pemerintah yang ada di Desa Kaleok tuk mendirikan BUMDes Tomirandanan.

BUMDes Tomirandanan yang berdiri 15 April 2017 ini merupakan salah satu Badan Usaha milik Desa Kaleok dalam peningkatan pendapatan Desa, serta pengembangan potensi kekayaan Alam-nya.

Para pengelola BUMDes terus melakukan upaya memperkenalkan kopi khas Kaleok, mulai pada event yang diselenggarakan pemerintah Daerah, hingga Nasional. Hal ini terbukti dengan terpilihnya Kopi Kaleok sebagai produksi unggulan daerah Polewali Mandar, pada event Apkasi Otonomi Expo di Tangerang, 6-8 Juli 2018 lalu.

Hal inilah yang menjadi motivasi para pengurus BUMDes Kaleok mendirikan Warkop sebagai sarana dan prasarana untuk memasarkan Kopi khas Kaleok.

Galery Coffee Milik BUMDes Tomirandanan Kaleok

Galery Coffee milik BUMDes Tomirandanan Kaleok merupakan wadah tuk memperkenalkan serta memasarkan Kopi khas produksi unggulan masyarakan Kaleok.

Jika warkop terkadang sebagai upaya sekat sosial atau sebatas memperjelas prestise tertentu. Maka, itu hal yang biasa saja bagi setiap pemuda.

Lain halnya dengan pemuda Desa Kaleok. Warkop, selain dijadikan sebagai tempat bertukar gagasan, juga sebagai wahana dalam mencetak generasi muda untuk berwirausaha.

Galery Coffe Kaleok ini kerap dikunjungi berbagai penikmat kopi di Polewali Mandar yang penasaran dengan aroma kopi Kaleok. Warkop ini juga mendapat kunjungan langsung Camat Binuang.

Camat Binuang Budiaty Bestari, berpesan, “Menjalankan suatu usaha itu tidaklah mudah. Semua butuh proses, Harus dimulai dari Nol, dan tentunya Butuh kesabaran”. Tuturnya, saat berkunjung ke Galery Coffee di Jalan Mr. Muh. Yamin No. 181 Kelurahan Madatte, Kota Polewali, Sabtu (24/11/2018).

BUMDes Tomirandanan Galery Coffee Kaleok saat di kunjungi Camat Binuang Budiaty Basturi. Sabtu, 24/11/2018.
BUMDes Tomirandanan Galery Coffee Kaleok saat di kunjungi Camat Binuang Budiaty Bestari. Sabtu, 24/11/2018. Jepretan Asis Badawi

Galery Coffee Kaleok (GCK) yang launching 17 November 2018 bulan lalu, menyediakan kopi berkualitas hasil produksi pertanian warga Desa Kaleok.

Aneka Menu yang disediakan Galery Coffee Kaleok tersebut, diantaranya, Kopi Kaleok, Kopi Susu, Tubruk, Vietnam P, Espresso, Cappucino dan masih banyak lagi.

Jika anda tak suka menyeduh kopi, tak perlu khawatir, Warkop Kaleok juga menyediakan Menu tanpa Kopi seperti Milo, Green Tea, Lemon Tea, Taro, Coklat, Thai Tea dengan harga yang bersahabat.

Selain itu, Galery coffee Kaleok juga menyediakan kopi kemasan yang bisa dibawa pulang seperti Arabica Bubuk, Arabica biji Roaster, Rebusta Bubuk, dan Rebusta Biji Roaster.

Penulis Pattae.com : Kurnia