Beranda Tips dan Trik Cara Mengurangi Resolusi atau Ukuran Gambar untuk Optimasi Website

Cara Mengurangi Resolusi atau Ukuran Gambar untuk Optimasi Website

45
BAGEI TOLAEN !

Cara mengurangi resolusi atau ukuran gambar ini dimaksudkan sebagai bahan bacaan bagi para kontributor Media Pattae. Setiap blog atau situs perlu dilakukan optimasi untuk menjaga performance situs atau blog tersebut. Salah satu upaya untuk melakukan optimasi terhadap media Pattae ini adalah dengan cara mengurangi resolusi atau ukuran gambar.

Sejauh ini upaya untuk melakukan optimasi gambar di Media Pattae sudah dilakukan dengan baik. Tapi sebaiknya, semua kontributor dapat mengetahui cara mengurangi resolusi atau ukuran gambar agar dapat menerapkannya sendiri, sebelum kontennya dipublikasikan.

Mengapa Optimasi Gambar Harus Dilakukan?

Kita ingin mengoptimalkan kinerja situs. Agar sebuah situs dapat bekerja secara optimal, maka kita perlu mengurangi beban yang tidak perlu. Optimasi ini dimaksudkan untuk mengurangi beban situs tanpa mengurangi kualitas konten. Gambar adalah salah satu materi konten yang paling menarik. Oleh karenanya, dalam setiap berita yang dimuat di media Pattae, selalu disertai dengan gambar yang relevan dengan tema berita. Setiap gambar tersebut, tersimpan dalam arsip situs. Gambar akan muncul ketika link dimana gambar itu tertaut, di klik oleh pengunjung.

Agar gambar-gambar tersebut, dapat muncul dengan cepat, maka ukurannya harus ringan atau kecil. Gambar yang berat, biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk dapat tampil utuh. Umumnya, kita menyebut proses memanggil atau menghadirkan konten ini sebagai proses “loading”.

Sebuah situs yang berat cenderung akan ditinggalkan pengunjung. Mereka bosan karena menunggu terlalu lama. Kalaupun konten yang mereka klik sudah dapat terbuka, mereka juga enggan meng-klik link lainnya karena tidak ingin menunggu lagi. Selain itu, kita semua tahu, bahwa di Kampung kita, belum semua tempat memiliki jaringan internet yang kuat. Dalam situasi yang demikian, kita perlu mempertimbangkan waktu yang diperlukan bagi pengunjung untuk dapat melihat konten secara keseluruhan. Kira-kira itulah salah satu dasar pemikiran atau alasan kita melakukan optimasi gambar.

Alasan lainnya adalah terkait dengan kuota internet. Masih terlalu sedikit pengguna internet di Kampung kita yang menggunakan Speedy atau Unlimited kuota. Mereka biasanya masih menggunakan smartphone sebagai modem yang kuota internetnya sangat terbatas. Gambar yang terlalu berat juga akan memakan banyak kuota internet. Kita tidak ingin memberatkan pengunjung dengan menghabiskan terlalu banyak kuota internet, hanya untuk membaca 2-3 konten di Media Pattae. Itulah pentingnya, kita mengoptimasi setiap gambar yang diupload di situs ini.

Cara Mengurangi Resolusi atau Ukuran Gambar

Cara Mengurangi Resolusi atau Ukuran Gambar Secara Online
Cara Mengurangi Resolusi atau Ukuran Gambar Secara Online

Untuk mengurangi resolusi atau ukuran gambar, anda dapat menerapkancara mengurangi resolusi atau ukuran gambar seperti yang dijelaskan dalam video tutorial diatas. Terdapat dua cara mengurangi resolusi atau ukuran gambar, yaitu: dengan menggunakan Photoshop atau secara online.

Cara mengurangi resolusi atau ukuran gambar dengan menggunakan Photoshop sebenarnya jauh lebih mudah, bagi yang sudah terbiasa menggunakan Photoshop. Bagi yang belum terbiasa menggunakan Photoshop, anda dapat menerapkan cara mengurangi resolusi atau ukuran gambar dengan metode yang kedua, secara online. Silahkan kunjungi situs COMPRESS. Setelah itu anda dapat memilih jenis file yang akan dikompres, PNG, JPEG atau PDF.

Gambar yang paling baik hanya berukuran 10-30kb. Tapi kita masih toleran dengan gambar yang berukuran sampai 100kb, jika itu memang diperlukan. Artinya, gambar itu mungkin akan terlihat sangat kabur bila direduksi lagi resolusinya. Oleh karena itu, tetap upayakan agar gambar yang di upload kapasitas atau ukurannya berkisar antara 10-30kb saja.

Sebelum mengupload gambar, jangan lupa untuk selalu menambahkan label Pattae.com. Label ini menjadi semacam copyright untuk menghindari aktivitas copy paste dan duplikasi konten yang saat ini sedang marak di internet. Demikian, tips mengenai cara mengurangi resolusi atau ukuran gambar ini dibuat. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.