Beranda Up Date News Daun Sarri Baru Menyimpan Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Daun Sarri Baru Menyimpan Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

178
Foto daun Balakacida atau Sarri Baru yang kaya akan manfaat pengobatan Photo: Tato
Foto daun Balakacida atau Sarri Baru yang kaya akan manfaat pengobatan Photo: Tato

PaTTaE.com | Daun Sarri Baru begitulah masyarakat Pattae mengenalnya, dinama tanaman tersebut dianggap sebagai penggangu tumbuhan lainnya. Tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan daun Balakacida dengan nama ilmiahnya Chromolaena odorata.

Dalam masayarakat pattae, jenis daun tersebut digunakan sebagai pengobatan bila seseorang mendapat luka baru. Guna menghindari infeksi pada luka tersebut, maka digunakan lah daun Balakacida sebagai pengobatan alternatif.

Dengan cara meremas di kedua telapak tangan, atau menumbukknya hingga halus, cairan hijau pekat yang dihasilkan kemudian diteteskan ke bagian tubuh yang terluka. Rasa pedih pun terasa, namun itu hanya sementara.

Daun Balakacida (sarri baru) banyak dijumpai pada dataran dengan ketinggian sekitar 1000 hingga 2800 mdpl, namun di Indonesia daun Balakacida justru banyak tumbuh di dataran rendah, kurang dari 500 mdpl. Bentuknya oval dan bergerigi di bagian tepi daunnya serta sedikit kasar, berbeda dengan jenis dedaunan pada umumnya.

Proses pertumbuhan tanaman ini tebilang cukup cepat, maka tak heran jika mudah pula dijumpai di berbagai tempat, apalagi saat musim kemarau tibah. Balakacida tumbuh di area dimana terdapat pancaran sinar matahari yang memadai secara terbuka.

Manfaat Daun Balakacida / Sarri Baru

Foto Daun Balakacida atau sarri Baru yang kaya manfaat untuk pengobatan tradisional. Photo: Tato
Foto Daun Balakacida atau sarri Baru yang kaya manfaat untuk pengobatan tradisional. Photo: Tato

Tanaman ini sebenarnya salah satu jenis tanaman Gulma atau pengganggu, pantas lah masyarakat Pattae menyebutnya Sarri Baru atau (rumput / pengganggu tanaman lainnya). Namun, tanaman Balakacida ternyata memiliki manfaat yang luar biasa di dunia pertanian sebagai pupuk Organik, dan Biopestisida.

Selain itu, daun Balakacida juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Tentunya hal ini dikarenakan daun Balakacida memiliki banyak kandungan zat dan nutrisi.

Sebagai pengobatan tradisional, daun Balakacida dipercaya mampu menyembuhkan luka ditubuh, seperti penyakit Kista, Asam Urat, Sakit Kepala, dan Jerawat. selain mengobati, Daun Balakacida juga mampu mencegah beberapa penyakit mematikan seperti Kanker Serviks, Diabetes, kangker panyudara, dan masih banyak lagi.

Itulah berbagai manfaat yang terkandung dalam Daun Balakacida. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang apa saja yang mampu disembuhkan dan dicegah dengan mengkonsumsi Daun tersebut. Silahkan kunjungi sumber tulisan ini di website manfaat.co.id.

Kurru Sumanga’..!