Beranda Wisata Alam Pattae Destinasi Air Terjun La’duan, dan Kisah Sippajolangi

Destinasi Air Terjun La’duan, dan Kisah Sippajolangi

125
BAGEI TOLAEN !

PATTAE.com | Talebo- Tanah Pattae’ memiliki begitu banyak potensi obyek wisata alam yang belum diketahui banyak orang, salah satunya adalah air terjun La’duan, yang terletak di daerah talebo, Penanian Baru, Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang, Polman.

Air terjun La’duan, oleh kalangan pemuda yang pernah melakukan ekspedisi kesana menyebutnya sebagai air terjun Sippajolangi. penamaan ini diambil dari kisah masa lampau masyarakat Pattae’, dimana lokasi air terjun tersebut, merupakan tempat Sippajolangi Melakukan ritual.

Setelah tim pattae.com berkunjung ke Destinasi alam ini, di perkirakan memiliki jarak tempuh kurang lebih 5 KM, dari pusat Desa Batetangnga, akses jalan pun untuk sampai kesana, hanya bisa sampai ke perkampungan Dusun Eran Batu.

Untuk menuju ke area air terjun, kita bisa menggunakan kendaraan roda dua, namun, disarankan jalan kaki saja, karena area parkir tidak ada, dan luas jalan yang di lalui pun, masih sempit. di tambah lagi, kita akan melewati semak-semak karena akses jalan menuju area air terjun belum ada pembangunan (masih alami)

Bukan hanya keindahannya, air terjun La’duan ini juga memiliki cerita yang melegenda bagi masyarakat etnis pattae’. Konon katanya, lokasi air terjun La’duan merupakan tempat Sippajolangi melakukan ritual dengan cara dimandikan sebelum berangkat ke medan perang.

Sippajolangi, dalam masyarakat etnis pattae’ merupakan seorang Raja yang berkuasa pada masa kekerajaan. dimana air terjun tersebut menjadi tempat favorit Sippajolangi untuk melakukan pensucian diri.

bagi yang ingin berkahir pekan, dan yang suka berekspedisi, air terjun la’duan/Sippajolangi menjadi tempat yang pas untuk di coba. dan bukan hanya itu, wisata pertanian juga berdekatan dengan lokasi air terjun La’duan (baca: pertanian bawang merah galung dusun eran batu).