Beranda Wisata Destinasi Alam Gua Wai Labu Dusun Tandipura Desa Kaleok

Destinasi Alam Gua Wai Labu Dusun Tandipura Desa Kaleok

147
Foto Dari Dalam Gua Wai Labu yang ada di Dusun Tandipura Desa Kaleok Kecamatan Binuang (2016). Foto : Fardi

Pattae.com | Desa kaleok merupakan Desa dengan sejuta pesona alam mulai dari air terjun, pegunungan dan buah-buahan. dari semua wisata itu masih ada yang belum tersentuh dan dikelolah untuk menjadi wisata, salah satunya adalah Gua Wai Labu.

Wai Labu merupakan salah satu Destinasi wisata yang selama ini belum banyak diketahui masyarakat. Wisata ini ber lokasi ditengah hutan di dusun Tandipura Desa Kaleok Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar.

Kata Wai Labu terdiri dari dua suku kata yaitu Wai dan Labu yang Merupakan Bahasa Entis Pattae Wai yang berari air dan labu berarti tenggelam. dikatakan wai labu karena air disekeliling tenggelam disatu tempat.

Wai labu ini juga merupakan gua yang didalamnya ada sungai, dan gua ini berukuran kurang lebih 100 meter dari pintu masuk gua dan untuk masuk kedalam gua hanya bisa masuk satu orang.

Untuk sampai ke lokasi tersebut kita menempuh jarak kurang lebih 10 Menit dengan berjalan kaki dari jalan poros kaleok dari arah desa batetangnga dan melewati Perkebunan kopi.

Wisata ini pernah dikunjungi mahasiswa pecinta alam dari unasman dan IAI dan beberapa pecinta alam dari beberapa daerah.

Berikut foto objek wisata Wai Labu saat pemuda berkunjung 2016 silam:

Goa Wai Labu, Dusun Tandipura Desa Kaleok
Nampak dari dalam gua Wai Labu Dusun Tandipura Desa Kaleok Kecamatan Binuang saat berkunjung Tahun 2016. Foto : Fardi
Sungai dalam Gua Wai Labu Dusun Tandipura Desa Kaleok Kecamatan Binuang saat Berkunjung Tahun 2016. Foto : Fardi