Beranda Up Date News Durian Lindo Menang Pada Festival Buah Batetangnga

Durian Lindo Menang Pada Festival Buah Batetangnga

135
Pserta lomba Makkaru durian sappulo pada Festival Buah yang diadakan oleh Lembaga Adat Batetangnga bekerja sama dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Polewali Mandar di Rwa Indah Kamis (15/2/2018) Photo by Ilyas

PATTAE.com | Durian jenis Lindo keluar sebagai pemenang Lomba Buah Durian mengalahkan jenis durian Rondang Lembang dan Lakaissi yang diadakan di Rawa Indah Desa Batetangnga Kamis (15/2/2018)

Lembaga pengadilan adat desa batetangnga bekerja sama dengan dinas pemuda olahraga dan pariwisa kabupaten polewali mandar mengadakan festival buah di wisata alam rawa indah Desa Batetangnga Kecamatan Binuang Polewali Mandar (15/2).

Kegiatan ini berkaitan juga dengan tradisi mangonggo buah yang diselenggarakan lembaga pengadilan adat desa batetangnga yang bertempat di wisata alam salu Paja’an (15/2).

“kegiatan Festival Buah ini merupakan rangkaian dari kegiatan Mangonggo buah, yang diadakan di Salu Paja’an. Kalo di sini (Rawa Indah) untuk perlombaan Makkaru’ dan lomba buah Durian” tutur Ketua Panitia Mangonggo, dan Festival Buah, Suardi.

Dalam kegiatan Festival Buah tersebut, terdapat event/lomba jenis buah Durian, dan Makkaru’ Durian. Peserta lomba tersebut diisi oleh kalangan masyarakat stempat yang memiliki buah durian khas, yang diambil dari kebun warga.

Lembaga Adat Batetangnga dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Membuka acara Festival Buah Kamis (15/2/2018). Photo By Ilyas

Festival buah tersebut, terselenggara tidaklah main-main.

KepalaBalai Pengesahan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (UPTD BPSB TPH) Sulawesi Barat, Ir. Amiruddin, M.Si, didatangkan langsung panitia pelaksana, sebagai tim penilai lomba Buah durian yang diselenggarakan pada pukul 12:00 Wita Rawa Indah Batetangnga Kamis (15/2/2018).

Pemenang lomba jenis buah Durian dan Makkaru’ tersebut, di umumkan pada pukul 14:00 WITA oleh Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Polewali Mandar.

Dari berbagai macam jenis buah Durian di desa Batetangnga. Pada lomba kali ini, dimenangkan jenis buah Durian Lindo milik, Makmur, sebagai juara pertama, kemudian di susul Durian Rondang Lembang milik, Sumaila Damang (mantan Kades) diposisi kedua, dan juara ketiga diraih jenis Durian Lakaissi, Milik Pua Siraju (warga).

Untuk lomba Makkaru’ Sappulo Durian. Pemenang pertama di raih Usman dengan 9 karu, kemudian disusul Nurdin, sebanyak 8 karu’ (ikat), dan terakhir Ahmad sebanyak 7 ikat (karu’).

Ketua Peradilan Adat Batetangnga, H. Hasan Dalle’, dan kepala Disporapar Polewali Mandar, Ibu Andi Nursami, menyerahkan Hadiah untuk masing-masing pemenang lomba berupa Sertifikat dan Piagam pada pukul 14:00 Wita.(*/)