Beranda Masyarakat & Pendidikan Forum Pemuda Desa Kunyi Mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Memandikan Jenazah

Forum Pemuda Desa Kunyi Mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Memandikan Jenazah

228
BAGEI TOLAEN !
Forum Pemuda Desa Kunyi Mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Memandikan Jenazah
Peserta Pendidikan dan Pelatihan Memandikan Jenazah di desa kunyi

Forum Pemuda Desa Kunyi (FPDK) bekerja sama dengan Rumah Zakat, Kab. Polman, Sulbar, telah mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Memandikan Jenazah. Pendidikan dan pelatihan tersebut merupakan  kegiatan tahap pertama (teori-teori dasar), yang dikhususkan kepada kaum hawa. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari minggu, 26/02/2017, bertempat di Desa Kunyi, Kec. Anreapi, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat .

Dari adanya program pemberdayaan dari lembaga Rumah Zakat dan Forum Pemuda Desa Kunyi (FPDK), maka kegiatan pelatihan memandikan jenazah dapat terlaksana. “Kami dari Relawan Rumah Zakat akan mendukung apabila ada kegiatan-kegiatan dari para pemuda yang sinkron dengan program kami di Rumah Zakat”. Demikian kata Misbahuddin, salah satu Relawan Rumah Zakat, Kab. Polewali Mandar.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Forum Pemuda Desa Kunyi tersebut bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai religius dan memberikan bekal kepada kaum muda sebagai generasi pelanjut. Selain itu, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat menjadi faktor pendorong generasi muda untuk lebih muda mengenal adab agama islam, khususnya dalam hal etika penanganan jenazah. Tujuan kegiatan ini dipertegas pada tema kegiatan, yaitu “Revitalisasi Adab Religius Islam dalam Jiwa Generasi Muda Jilid 1”.

Forum Pemuda Desa Kunyi (FPDK)

Menurut salah seorang angota Forum Pemuda Desa Kunyi (FPDK), kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Memandikan Jenazah ini diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan kaum muda tentang tata cara memandikan Jenazah. Sebagaimana kita ketahui banyak generasi muda sekarang tidak paham dan mengetahui tata carapelaksanaan memandikan jenazah. “Kegiatan ini kami adakan karena melihat minimnya pengetahuan tentang memandikan Jenazah khususnya bagi para generasi muda“, kata Desi kepada Tim Media Pattae.

Pelatihan ini berlangsung selama kurang lebih empat jam yang diikuti oleh 23 orang peserta. Kegiatan ini diikuti dan memang diperuntukkan bagi kaum hawa/perempuan dari perwakilan masing-masing remaja masjid yang ada di Desa Kunyi.

“Karena kegiatan ini masih merupakan tahap pertama pelatihan, selanjutnya akan kami laksanakan lagi tahap berikutnya. Mungkin tahap selanjutnya, materi pelatihan akan lebih ditekankan pada praktek”. Lanjut Desi R, selaku Koordinator Kerohanian Islam Forum Pemuda Desa Kunyi (FPDK).