Beranda Kegiatan Sosial Foto: Desa Kaleok Menjadi Lokasi Program Kampung Iklim

Foto: Desa Kaleok Menjadi Lokasi Program Kampung Iklim

53
Foto Hindro Mikro, sumber energi penerang masyarakat Desa Kaleok

PaTTaE.com | BPPIKHL-KLHK wilayah Sulawesi, melakukan Survey ke salah satu penyangga kawasan Hutan Lindung yaitu Desa Kaleok, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, sebagai satu-satunya wilayah yang lolos verifikasi program kampung iklim (Proklim).

Dalam kegiatan tersebut, Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan – Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPPIKHL-KLHK) bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Kabupaten, selain melakukan survey ke lapangan, mereka juga melakukan tanya jawab langsung dengan masyarakat Dusun Kaleok.

Foto: Tim Verifikasi Proklim sedang mewawancarai salah satu Warga Dusun Kaleok Senin 13/8/2018.
Foto saat tim Verifikasi tiba di lokasi Program Kampung Iklim Desa Kaleok, Senin 13/8/2018.
Foto Survey tim Verifikasi di lokasi pemanfaatan hindro mikro desa kaleok, Senin 13/8/2018.

Tentang Proklim

Program Kampung Iklim atau Proklim, merupakan program Nasional yang dikelola Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka mendorong masyarakat untuk melakukan peningkatan kapasitas Adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Foto bersama tim Verifikasi Program Kampung Iklim di Kantor Desa Kaleok, Senin 13/8/2018. Photo: Budi

Setalah melakukan verifikasi Proklim, KLHK juga memberikan penghargaan terhadap upaya-upaya Adaptasi dan Mitigasi perubahan iklim yang telah dilaksanakan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi masing-masing wilayah.

Selain itu, Proklim ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai perubahan iklim dan danpak yang ditimbulkan sehingga seluruh pihak terdorong untuk melaksanakan aksi nyata yang dapat memperkuat ketahaann masyarakat menghadapai perubahan iklim serta memberikan kontribusi terhadap upaya pengurangan emisi GRK.

Foto Survey Tim Proklim di Desa Kaleok

Foto: Survey Pemanfaat Hindro Mikro sebagai energi alternatif warga Kaleok Kecamatan Binuang, Polewali Mandar Senin 13/8/2018
Foto Biopori
Foto Pekarangan rumah salah satu warga Kaleok
Foto tempat pengomposan sampah organik warga Kaleok
Foto wadah penampungan air di halaman rumah warga kaleok

Sumber: Amri**