Beranda Gambar Pattae Jejak Pemuda dalam Potret Masyarakat Pattae

Jejak Pemuda dalam Potret Masyarakat Pattae

211
BAGEI TOLAEN !

Jejak Pemuda dalam Potret Masyarakat Pattae adalah hasil dokumentasi Kegiatan Pemuda Pattae pada Dialog Masyarakat Pattae dengan tema “Potret Masyarakat Pattae”, yang diselenggarakan di Polewali, Sulawesi Barat, pada tanggal 14 Juni 2007.

Dialog Masyarakat Pattae

Kegiatan Dialog Masyarakat Pattae dengan Tema: “Potret Masyarakat Pattae” diselenggarakan untuk mendiskusikan dinamika kehidupan masyarakat Pattae di Kab. Polman, Prov. Sulbar. Dialog tersebut berangkat dari realitas kehidupan masyarakat pattae dalam berbagai bidang, seperti: ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan lain sebagainya. Selanjutnya dalam kegiatan dialog tersebut, didiskusikan upaya-upaya bersama yang seharusnya dilakukan untuk mendorong maju kualitas kehidupan masyarakat Pattae.

Kegiatan Dialog Masyarakat Pattae dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat Pattae dari berbagai desa. Mereka datang untuk berkumpul dalam semangat kebersamaan. Acara dialog dimulai dengan laporan ketua panitia, lalu dibuka oleh Bupati Polman yang pada waktu itu dijabat oleh Drs. H. Ali Baal Masdar. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan situasi obyektif dari para narasumber dan pembanding. Acara diselingi dengan hiburan berupa penampilan dari kelompok seni Pattae. Acara dialog tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi yang diserahkan kembali kepada Panitia dan Para Narasumber.

Gallery Fhoto

Berikut ini beberapa fhoto-fhoto kegiatan yang masih tersimpan.

Jejak Pemuda Pattae

Kegiatan itu dilaksanakan sekitar 10 tahun yang lalu. Diorganisir atas inisiatif para pemuda yang berasal dari hampir seluruh desa di Tanah Pattae. Jumlahnya sangat banyak, hingga sekretariat yang halamannya luas, tampak tak cukup besar untuk menampung mereka semua. Selama kurang lebih satu bulan, kami berkumpul dan bekerja bersama mempersiapkan pelaksanaan kegiatan.

Rasanya film singkat tanpa kata-kata yang hanya berdurasi kurang lebih 11 menit ini, sangat jauh dari cukup untuk menggambarkan indahnya kebersamaan dan persatuan para pemuda pattae waktu itu. Namun, film ini bukanlah soal nostalgia. Tapi lebih jauh lagi, film ini adalah pengingat bagi generasi pattae selanjutnya. Bahwa generasi muda Pattae di masa itu, pernah bersatu dan bergandeng tangan menyerukan perubahan..

Jejak Pemuda dalam Potret Masyarakat Pattae
Jejak Pemuda dalam Potret Masyarakat Pattae

Dokumentasi Kegiatan Pemuda Pattae pada Dialog Masyarakat Pattae ini telah kami upload di channel Youtube kami di Media Pattae, anda dapat mengunjungi channel tersebut, untuk melihat video-video kami yang lainnya.