Beranda Masyarakat & Pembangunan Jembatan Gantung Sungai Dara’ Kembali Ambruk

Jembatan Gantung Sungai Dara’ Kembali Ambruk

106
BAGEI TOLAEN !
Jembatan Gantung di Sungai Dara' Ambruk, minggu, 23/04/2017 (Foto: Chakai)

PATTAE.com | Polewali- Sekitar Pukul 17:00 Wita Minggu, sore hari, Dengan kesikian kalinya, Jembatan gantung kurang lebih sepanjang 30 meter yang berada di Kelurahan Darma, Kec. Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulbar kini ambruk, Minggu, 23/04/2017

Jembatan gantung yang melintang diatas sungai Dara’, menghubungkan akses jalan Kel. Darma Kec. Polewali dengan Desa Duampanua Kec. Anreapi tersebut kini kembali ambruk oleh arus deras air sugai Dara’.

Ambruknya Jembatan tersebut di perkirakan karena adanya abrasi yang terjadi terus menerus dan tidak ada pengaman (bronjong) pada sisi barat jembatan sehingga, pengikisan mengakibatkan dasar pondasi beton jembatan roboh ketika debit air sungai sangat besar pada saat hujan deras di hulu.

Sebelumnya, munurut warga setempat, Sittina, mengatakan bahwa jembatan tersebut juga pernah ambruk pada bulan Desember, tahun 2011 silam, dengan hantaman pohon besar yang terbawa arus sungai Dara’.

“jembatan ini sudah beberapa kali rusak. pernah juga dulu rusak karna di hantam batang pohon besar yang di bawa air sungai sekitar lima tahun yang lalu” kata Sittina (warga sekitar jembatan gantung)

Jembatan Gantung Abruk (Foto: Chakai)

Rusaknya jembatan gantung membuat membuat aktivitas warga terganggu, dan mengharuskan mereka menyeberang tanpa menggunakan jembatan lagi, itupun kalau arus air sungai tidak besar.

Sittina, warga yang tinggal tidak jauh dari jembatan tersebut berharap agar jembatan sugai Dara’ secepatnya dapat di perbaiki untuk bisa dilalui kembali

“kasihan anak sekolah susah menyebrang kalau berangkat dan pulang sekolah. semoga bisa cepat di perbaiki” tutur Sittina berharap

“susah sekali menyeberang dan sudah tidak ada penjual ikan dan sayur yang lewat” sahut Imma salah satu warga yang tinggal tidak jauh dari jembatan gantung sungai Dara’

Pengikisan pinggiran sungai yang terjadi secara terus menerus setiap harinya hingga ambruknya jembatan gantung Dara untuk kesekian kalinya menyebabkan aktivitas warga terganggu dan harapan warga semoga pemerintah setempat segera memperbaiki.

Pinggir Sungai Terkikis (Foto : Chakai)

untuk warga yang ingin melintasi jembatan gantung Dara’ dengan berkendaraan, saat ini sebaiknya mengambil jalur lain, karena jalur jembatan gantung belum bisa di lalui kendaraan. (*)