Beranda Opini Kenapa Desa Batetangnga Lebih Dikenal Sebagai Desa Kanang ?

Kenapa Desa Batetangnga Lebih Dikenal Sebagai Desa Kanang ?

1374
BAGEI TOLAEN !

PATTAE.com | Setiap kampung/desa, pastinya memiliki sebuah nama tersendiri yang melambangkan identitas kampung tersebut, baik dalam ruang lingkup kedaerahan maupun lingkup nasional. Dengan adanya identitas tersebut, tidak muncul dengan sendirinya, tuntu memiliki sejarah dimana nama suatu kampung tersebut diambil, begitu pun dengan kampung Batetangnga. Namun, nama desa Batetangnga tidak begitu populer diluar, dan yang dikenal malah desa Kanang.

Karena lebih terkenalnya nama Kanang ketimbang Batetangnga, hal ini memunculkan issu bahwa nama Desa Batetangnga akan di rubah menjadi desa Kanang, dan itu sah-sah saja.

Kita bisa mengambil satu contoh desa yang berganti nama karena kepopulerannya yaitu desa terindah di dunia yang dinobatkan oleh Budget Travel pada akhir tahun 2012 yang memilih salah satu desa di Indonesia sebagai desa terindah yaitu desa Nagari Pariangan. Dimana desa tersebut yang dulunya bernama desa Pariangan, namun karena kepopuleran Nagari maka desa Pariangan berganti nama menjadi desa Nagari Pariangan.

Baliakka nagari, istilah inilah kala itu popular terutama di Luhak Nan Tigo, yaitu Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Sistem pemerintahan desa pun berganti dengan sistem pemerintahan nagari.

Pariangan sebagai daerah asal Minang kabau pun berganti nama dari Desa Pariangan menjadi Nagari Pariangan. Tak hanya dikenal sebagai asal-muasal nagari, Nagari Tuo Pariangan juga dikenal sebagai asal-mula masyarakat Minangkabau.

Dalam catatan sejarah yang terekam dalam Tambo Minang menunjukkan bahwa Nagari Pariangan adalah nagari asal suku Minang kabau yang oleh masyarakat setempat disebut sebagai “Tampuk Tangkai Alam Minangkabau”. Artinya, nagari ini dipercaya sebagai tempat pertama munculnya kehidupan di alam Minangkabau ratusan tahun silam.

Itu lah sejarah singkat desa Negeri Pariangan. Lalu bagaimana dengan sejarah desa Batetangnga yang masih banyak tidak diketahui oleh masyarakatnya sendiri.

untuk mengetahui mengapa Kanang lebih terkenal ketimbang Batetangnga. Berikut ulasan jelasnya