Beranda Opini Kenapa Desa Batetangnga Lebih Dikenal Sebagai Desa Kanang ?

Kenapa Desa Batetangnga Lebih Dikenal Sebagai Desa Kanang ?

1878

Desa Batetangga atau Desa Kanang

Desa Batetangga atau Desa Kanang, suatu pilihan yang dilematis bagi masyarakat desa Batetangga jika harus menyebutkan tempat asal mereka. Karena hidup adalah pilihan, maka orang yang berasal dari desa batetangnga lebih memilih mengutarakan asal kampung mereka yaitu kampung/desa Kanang, dan bukan Batetangnga sebagai jawaban mereka, meskipun Kanang juga adalah bagian dari desa Batetangga.

Seringnya menyebut asal mereka dari desa Kanang, mengakibatkan, orang-orang diluar dari Desa Batetangnga lebih mengenal Kanang ketimbang Batetangnga, padahal Batetangnga merupakan nama desa yang diakui secara kelembagaan (Negara) sementara Kanang hanya diakui secara kemasyarakatan artinya, Batetangnga lebih unggul ketimbang Kanang.

Kita bisa mencoba melakukan searching di Google dengan mencari keyword desa Batetangnga maka dengan mudahnya kita bisa menjumpai kata tersebut dengan keterangannya. Sementara ketika melakukan searching di Google dengan kata desa Kanang maka keterangannya sukar untuk ditemukan dan kurang dimengerti maksudnya, apakah desa atau hanya sebatas nama tempat. Namun, ketika kita bicaraakan kepopuleran (pengetahuan masyarakat umum) maka jawabannya pastilah Kanang.

Ada beberapa alasan pokok mengapa nama Kanang lebih popular atau lebih terkenal ketimbang nama Batetangga. Berikut penjelasannya:

Pertama : Sering menyebut Kanang ketimbang Batetangnga. Seperti yang di paparkan sebelumnya, kebayakan masyarakat Batetangnga memperkenalkan desanya dengan sebutan Kanang ketimbang Batetangnga itu sendiri, akibatnya, desa Kanang menjadi lebih terkenal, dan tertanam dalam pikiran mereka baik masyarakat luar, maupun masyarakat Batetangnga itu sendiri. Kebiasaaan ini bukan hanya dijumpai pada kalangan anak-anak, tetapi juga dijumpai pada pemuda, dan bahkan orang tua.

Kedua : Buah-buahan dari Kanang. Siapa tidak kenal buah dari Batetangnga terutama durian, yang orang bayak sebut Durian Kanang . Durian Kanang memiliki keunggulan tersendiri dalam hal keharuman dan rasanya ketimbang durian-durian diluar dari Batetangnga. Selain buah durian, juga terdapat buah lain yang tidak kalah terkenalnya yaitu buah langsat.

Cerita pengalaman seorang mahasiswa Batetangnga, yang pernah menanyakan asal buah yang dijual oleh Pedangang Langsat yang berjualan di pinggir jalan kota Makassar.“Mas, langsat dari mana ini..?” tanya mahasiswa. dengan sigabnya, sang pedagang pun langsung menjawab “Langsat Kanang”. Ia pun kaget, karena pada saat itu, tidak ada musim buah langsat di Batetangnga.

Terkenalnya buah tersebut, yang ditambahkan kata Kanang di belakangnya, maka menjadikan kata Kanang lagi-lagi popular ketimbang Batetangnga.

Ketiga : Mungkin kebayakan dari orang Batetangnga tidak menyadari bahwa dalam identitas masyarakat Batetangnga lebih bayak menggunakan kata Kanang sebagai daerah tempat kelahiran ketimbang Batetangnga, sekalipun ia tinggal di dusun Penanian, dusun Biru dan dusun Rappoang, sementara nama desa adalah Batetangnga. Adapun alasannya, sampai hari ini masih menimbulkan pertanyaan.

Berdasarkan tiga alasan tersebut maka kata Kanang tidak mengherankan menjadi lebih popular ketimbang Batetangnga dan masih banyak faktor-faktor lain yang memberikan konstribusi akan kepopuleran kata Kanang itu sendiri. Terkait hal tersebut, mungkin masyarakat Batetangnga sendiri yang bisa memberikan penilaian, tentang faktor pendukungnya.