Beranda Up Date News Lagu “Oto Apa Lao Mai” Mengisi Pagelaran PIFAF Polewali Mandar

Lagu “Oto Apa Lao Mai” Mengisi Pagelaran PIFAF Polewali Mandar

251
Penyampaian Pesan Leluhur Suku Pattae. Foto : Fikri

PaTTaE.com | Lagu “Oto Apa Lao Mai” berhasil menghibur para penonton pada Festival Seni dan Budaya (PIFAF) yang berlangsung di Sport Center Jalan Stadion H. S Mengga, Madatte Polewali Mandar.

Menceritakan tentang semangat membangun dengan bergotong royong, lagu ini merupakan bentuk nyayian populer dikalangan masyarakat suku pattae.

Dengan aransemen musik modern yang dilakukan sanggar seni Pattae Mammesa, lagu “Oto Apa Lao Mai” di perkenalkan pada ajang Polewali Mandar International Folk and Art Festival Selasa malam 1/8/2018.

“ini merupakan Lagu rakyat dizaman dulu, menceritakan tentang pembangunan, gotong royong, dan kegembiraan di kolaborasi dalam bentuk musik etnik dan tradisi alat modern”.Tutur Darman, Pembina sanggar seni Pattae Mammesa.

Selain memperkenalkan lagu pattae, mereka juga memakai pakaian khas pattae yaitu baju Tomakaka ketika tampil menyumbangkan kreasi lagu “oto Apa Lao Mai” pada pentas Seni dan Budaya kemarin malam (1/8).

“..dan pakaian yang kita pake adalah original dari Pattae, seperti yang saya pake ini adalah pakaian Tomakaka” Kenal Darman, ke kontributor pattae.com pakaian Tomakaka yang ia pakai.

Pattae’ merupakan salah satu etnis tertua yang mendiami pulau Sulawesi bagian Barat dan memiliki beragam tradisi yang belum dikenal secara luas. adaya pagelaran PIFAF merupakan ruang untuk memperkenalkan seni budaya Pattae hingga ke kanca Internasional.

“Sebetulnya begini, keragaman budaya di Polewali Mandar banyak di masyarakat Pattae, dan sanggar seni banyak bermunculan di masyarakat Pattae”. Lanjut Darman

“…Tetapi, untuk membangun jati diri memang perlu proses karena kita sudah tertinggal sejarah sebenarnya. nah.., dari segi ini masih malu-malu menjadi dirinya sendiri dari segi pakaian dan segala macam”. Tutupnya

Komunitas Pattae Mammesa merupakan salah satu dari 30 Sanggar seni yang ikut memeriahkan pagelaran seni budaya PIFAF Polewali Mandar yang berlangsung mulai Selasa 1 Agustus sampai Senin 6 Agustus 2018.(Fikri*/)