Beranda Ekonomi Lattang Usaha FPDK Kunyi Mengolah Tanaman Talas Menjadi Kripik

Lattang Usaha FPDK Kunyi Mengolah Tanaman Talas Menjadi Kripik

60
hasil olahan tanaman Talas menjadi kripik yang telah dikemas dan di tampilkan di stand Disperindag Polewali Mandar selama PIFAF berlangsung 1-6/8/2018. Foto: Fikri

PaTTaE.com | Lattang Usaha Desa Kunyi Hadir mempromosikan Produk makanan ringan yang di olahnya sendiri pada Event Polewali Mandar International Falk and Art Festival 2018.

Produk makanan ringan berupa Snack Upe’ (Keripik Talas), dan Cooky Upe’ (Kue Talas), berbahan dasar dari umbi-umbian yaitu tanaman Talas/Keladi, dimana masyarakat pattae menyebutnya “Upe” diolah menjadi salah satu produk khas Suku Pattae dari Desa Kunyi, Kec. Andreapi, Kab. Polewali Mandar.

Tanaman Talas (Upe) sendiri banyak dijumpai di kawasan hutan maupun daratan yang bertanah lembab. Namun, hal ini tidak banyak masyarakat mengetahui cara mengolah tanaman talas (upe) ini menjadi makanan ringan yang dapat memanjakan lidah para penikmatnya.

Pada Event PIFAF tahun ini (2018), olahan Lattang Usaha berupa “Snack Upe” dan “Cooky Upe” ini, dapat ditemui di dua Stand Pameran PIFAF yaitu Stand Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Polewali dan Stand Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG) Kab. Polewali Mandar.

Inisiatif Para Pemuda Desa Kunyi

Foto Hasil Olahan Tanaman Talas Menjadi Kripik yang tersedia di stand BNI Polewali Mandar. Photografer: Fikri

Mengolah tanaman talas menjadi kripik enak, bermula dari banyaknya tanaman Talas di daerah desa kunyi sehingga memunculkan inisiatif para pemuda Desa Kunyi (FPDK) untuk mengolah talas menjadi kripik yang dapat dikonsumsi.

“…Saya dan teman-teman terinspirasi membuat Keripik Talas dan Kue Talas karena di desa kami banyak tanaman talas, makanya kami berinisiatif membuat sebuah produk dari tanaman talas atau upe”, Ungkap Desi Ratnasari (Ketua Lattang Usaha) Desa Kunyi Kec. Anreapi Kab. Polewali Mandar.

Produk yang dipromosikan Lattang Usaha Desa Kunyi ini pertama kali dalam Event PIFAF, dan mencoba meramu produk Keripik Talas (Snack Upe) dalam tiga varian rasa yaitu Original, Pedas Manis, dan Manis. Untuk Kue Talas (Cooky Upe) hanya satu varian rasa yaitu Original.

“…tujuan kami ikut dalam event PIFAF ini, untuk mempromosikan produk kami dan mengenalkan bahwa di Desa Kami ada pengelolahan tanaman talas oleh Lattang Usaha Desa Kunyi”. Lanjutnya.

“…kami berharap banyak yang menyukai produk buatan kami, dan kami sebagai wadah yang mengelolah keripik upe dan kue upe ini berharap dari pemerintah agar mendapatkan pelatihan dan perhatian lebih sehingga kami tidak hanya mengelolah Upe tetapi juga dapat membuat produk-produk lain yang lebih baik, dari potensi yang ada di desa kami”. Harap Desi Ratnasati (Ketua Lattang Usaha) Desa Kunyi. (Fikri*/)