Beranda Masyarakat & Pendidikan MA DDI Kanang Mengikuti Lomba Debat Bahasa Inggris di UNHAS Makassar

MA DDI Kanang Mengikuti Lomba Debat Bahasa Inggris di UNHAS Makassar

296
peserta lomba debat bahasa inggris di kampus UNHAS

PATTAE.com | Makassar- Bahasa Ingris adalah bahasa yang sebagian masyarakat awam kenal dengan bahasa keren. Bahasa Ingris sudah tenar di sekolah-sekolah, dan bahkan sudah di perlombakan. Hampir tiap tahunnya bahasa ingris mempunyai iven, dan Kali ini, Madrasah Aliyah Darul Da’wah wal-Irsyad (MA DDI) Kanang mengikuti lomba yang dilaksanakan oleh Hasanuddin School Debate Championship (HSDC).

Debat Bahasa Inggris antar Sekolah Menengah Atas atau sederajat dilaksanakan di Gedung Perpustakaan kampus Universitas Hasanuddin (UNHAS) di jalan Perintis Kemerdekaan Makassar.

Peserta yang mengikuti perlombaan debat ini ada sekitar 120 peserta dari 20 sekolah tingkatan SMA. Sekolah mengirim perwakilannya masing-masing 2 kelompok debat yang terdiri dari 3 orang perkelompoknya.

Kali ini, Hanya MA DDI Kanang salah satu Sekolah Menengah Atas yang mewakili Provinsi Sulawesi Barat dengan mengirim perwakilannya sebanyak 6 orang yang dibagi dalam 2 kelompok.

“hanya Madrasah Aliyah DDI Kanang yang mengikuti lomba debat ini dari Provinsi Sulawesi Barat”. sebut Qadaruddin

Pada pelaksanaannya, lomba debat bahasa Inggris tersebut menggunakan 2 babak. Babak pertama adalah dimana motion atau tema yang akan di perdebatkan oleh peserta yang ada, dan diberikan secara dadakan serta diberikan rentan waktu 2 menit untuk mempelejari motion tersebut, kemudian di perdebatkan.

Salah satu peserta dari MA DDI Kanang, Qadaruddin, setelah di mintai ketarangan, Jum’at (21/04), merasa terkejut setelah mengikuti lomba pada babak pertama karena kali ini berbeda dengan lomba-lomba yang dia ikuti sebelumnya

“lomba yang kami ikuti berbeda dari lomba sebelum-sebelumnya. Kali ini dalam babak pertama kami diberikan motion atau tema yang sama sekali kami tidak pernah pelajari dan nanti kami tahu motion tersebut disaat kami telah diberitahukan oleh Juri”. tutur Qadaruddin

“Kemudian hanya 2 menit waktu yang kami miliki untuk mempelajarinya kemudian kami berlomba”  Lanjut Qadaruddin, Sala satu peserta lomba debat dari MA DDI Kanang.

Setalah bapak pertama, dilanjutkan bapak kedua. Pada babak kedua ini, berbeda degan babak pertama, dimana pada babak sebelumnya, peserta lomba tidak diberitahu apa yang akan di perdebatkan, sedangkan pada babak kedua, peserta lomba sudah diberikan kisi-kisi dengan tema yang telah disiapkan oleh panitia sehingga, peserta sudah mengetahui apa yang akan perdebatkan nantinya.

Kegiatan debat Bahasa Inggris antar sekolah menengah ini, yang dilaksanakan kampus UNHAS, berlangsung selama tiga hari berturut-turut, mulai dari tanggal 21-23 April 2017.(*)