Beranda Budaya Pattae Mahasiswa KKN/UNM, Menampilkan Makanan Khas SulSel di Pagelaran Seni Budaya Lokal Mandar

Mahasiswa KKN/UNM, Menampilkan Makanan Khas SulSel di Pagelaran Seni Budaya Lokal Mandar

211
BAGEI TOLAEN !
Mahasiswa KKN/PPL Universitas Negeri Makassar Ikut meramaikan festival seni budaya di Desa Batetangnga, Binuang. Sabtu, 22/04/2017 (Photographer : Armyn Ziregar)

PATTAE.com | Batetangnga- Kegiatan pentas seni budaya yang diadakan pada Sabtu malam (22/04), tentunya menjadi pusat perhatian apalagi dengan ditampilkannya segala macam seni budaya yang ada disulawesi barat yang bukan hanya budaya pattae tapi budaya yang diluar dari Pattae juga ditampilkan dalam pageralaran pentas seni budaya, dan yang tidak kalah menarik dalam kegiatan tersebut, adalah ditampilkannya masakan khas tradisional yang di ikuti oleh Ibu-ibu Dasa Wisma, dan Mahasiswa KKN/PPL yang ada di Desa Batetangnga.

Mahasiswa KKN/PPL ini, yang terdiri dari 14 mahasiswa tersebut, juga terlibat dalam kegiatan lomba masak masakan tradisional “kami sangat Antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut karena kami dari mahasiswa juga mendapat ruang untuk menampilkan makanan khas yang terbaik dari kami, dan teman-teman sangat berterimah kasih kepada pihak penyelenggara atas kesempatan ini” tutur Muh. Saleh selekau Koordinator Desa (Kordes) KKN/PPL di Desa Batetangnga.

Dilaksanakannya kegiatan pentas seni tersebut, berbagai macam tanggapan positif pun bermunculan, Salah satunya dari kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang dengan kebetulan melakukan KKN/PPL di Desa Batetangnga, sebut saja, Muh. Saleh, Mahasiswa KKN/PPL UNM Angkatan XIV.

Menurut, Muh. Saleh, kegiatan yang dilakukan oleh Pemuda Batetangnga ini, kami sangat Apresiasi, karena dengan dilaksanakanya kegiatan ini, dapat mengasah bakat dari para anak-anak muda yang ada di Polman khususunya dan sulbar pada umumnya, karena banyak pemuda yang punya potensi tapi tidak disediakan ruang atau tempat untuk berkreasi sehingga, bakat yang dimiliki tidak bisa di kembangkan.

Ikut andil dalam pegelaran seni dan budaya, Mahasiswa KKN/PPL UNM ini menampilkan makanan khas dari beberapa wilayah yang ada Sulawesi selatan yang mereka racik sendiri seperti “Palekko Itik” dan “Onde-onde” dari Kabupaten Pinrang, Pisang Epe, dan Sara’ba dari Makassar, serta makanan khas “Kapurung” dari Palopo.

Kegiatan pentas seni yang diakan oleh Karang Taruna yang bekerja sama dengan Majelis permusyawaratan rakyat Republik indonesia menampikan berbagai sanggar seni yang ada di Polewali Mandar, seperti tarian Eran Batu, Parrabana, Mappadendang dan seni budaya lokal Lainnya, tentunya, hal ini menjadi tontonan menarik untuk disimak.

“Kita berhadap kegiatan yang dibangun oleh pemuda Batetangnga dapat memacu trus karya anak bangsa sehingga budaya bangsa akan semakin kaya dan dapat bersaing dikanca internasional”. Tutup Kordes KKN/PPL UNM. (*)