Beranda Masyarakat & Pendidikan Mahasiswa Unsulbar, Selenggarakan Seminar Pertanian untuk Warga Kunyi

Mahasiswa Unsulbar, Selenggarakan Seminar Pertanian untuk Warga Kunyi

41
Terlihat warga desa Kunyi mengikuti seminar penyuluhan Budidaya Tanaman Kakao dan Pemanfaatan Tanaman Toga di Kantor desa Kunyi, Jumat 10/8/2018. Photo: Herli Aqsa

PaTTaE.com | Mahasiswa KKN Reguler Gelombang ke XI Universitas Sulawesi Barat, menyelenggarakan seminar penyuluhan Budidaya Tanaman Kakao dan Pemanfaatan Tanaman Toga kepada warga petani Desa Kunyi. Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Desa Kunyi, Jumat 10/8/2018.

Dalam seminar tersebut, dihadiri langsung ketua BPP, Burhan, beserta jajaran dari Dinas Pertanian Polewali Mandar, Penyuluh dari Puskesmas Anreapi, dan Pemerintah Desa Kunyi, serta warga setempat. Ada dua fokus pembahasan pada seminar yang diselenggarakan Mahasiswa Unsulbar tersebut.

Pembahasan pertama mengenai penyuluhan Budidaya Tanaman Kakao, yang disampaikan oleh Burhanuddin, dan Abdul Kadir, dari Dinas Pertanian. kemudian pembahasan kedua tentang pemanfaatan Tanaman Toga, dari perwakilan Puskesmas Kecamatan Anreapi Hj. Hayati.

Kegiatan yang dimulai Pukul 09:00 WiTa tersebut, tidak hanya sekedar melakukan penyuluhan, tetapi juga di rangkaikan dengan praktek langsung, bagaimana tatacara pembuatan jamu untuk penyakit Kolesterol, dan Asam Urat, serta bagaimana tips hidup sehat.

Praktek pembuatan jamu untuk warga desa Kunyi dari Puskesmas Anreapi, di Kantor desa Kunyi, Jumat 10 Agustus 2018. Foto: Herli Aqsa

Menurut Koordinator Desa Mahasiswa KKN Unsulbar, Heril Azka, Kegiatan tersebut dilatar belakangi adanya Sumber Daya Alam yang melimpah di Desa Kunyi, akan tetapi kecakapan Sumberdaya Manusia yang ada belum mampu mengelola hal tersebut dengan baik, maka dari itu melalui seminar ini, dilakukan transformasi pengetahuan tentang pengelolaan SDM yang lebih baik lagi.

“kami berharap semoga melalui seminar ini, tanaman kakao bisa di lestarikan, dan banyak yang mengetahui tentang tanaman toga dan cara pengelolaannya” Ujarnya

selain itu, Survivor KKN Unsulbar mengemukakan, dengan adanya kegiatan ini, merupakan implementasi dari apa yang telah didapat Mahasiswa semasa kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Sulawesi Barat.

“Supaya teori yang mereka dapat di Fakultas agar di aplikasikan di masyarakat, yang merupakan pesan dari Universitas” Ujar Muh. Irwan, Survivor KKN Unsulbar.(Echi*/)