Beranda Kepemudaan Meriahkan Bulan Ramadhan 1438 H. Remaja Masjid Amassangan Gelar MTQ ke 2...

Meriahkan Bulan Ramadhan 1438 H. Remaja Masjid Amassangan Gelar MTQ ke 2 Tingkat Kelurahan

75
BAGEI TOLAEN !
remaja putri masjid Nurul Hidayah Kecamatan Binuang dengan persembahan qasidah rebana pada malam penutupan MTQ ke 2 Tingkat Kelurahan Amassangan 1438 Hijriah

Telah menjadi kebiasaan di kampung-kampung Pattae setiap kali bulan ramadhan tiba, dilaksanakan berbagai kegiatan bernuansa islami, mulai dari safari ramadhan atau taraweh keliling, buka puasa bersama, peringatan nuzul qur’an yang dirangkaikan dengan berbagai kontes dengan warna islami, dan adapula yang mengemas MTQ tingkat desa/kelurahan sebagai aktifitas ramadhan.

Turut memeriahkan bulan ramadhan tahun ini, di Masjid Nurul Hidayah Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar digelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) untuk anak-anak usia Sekolah Dasar. Ini merupakan MTQ ke 2 yang dilaksanakan dengan skala kelurahan dimana pada tahun tahun sebelumnya kegiatan MTQ hanya melibatkan peserta seputar jamaah Masjid Nurul Hidayah saja

“Mengenai masalah pesertanya kategori umur itu maksimalnya tingkat SD” demikian disampaikan Zulkarnain salah satu panitia pelaksana yang sempat ditemui reporter pattae.com

“Artinya saat ia selesai SD namun belum masuk SMP dia masih dalam kategori yang bisa ikut” imbuh Faizal yang merupakan Ketua Panitia Pelaksana kegiatan MTQ ini.

Digerakkan oleh remaja masjid setempat kegiatan MTQ ini mengusung tema “Meningkatkan Moral Agama Melalui Nilai Islam Sebagai Pedoman Hidup dan Pembangunan Peradaban Manusia”. Kegiatan ini berlangsung selama 5 (lima) hari. Dibuka pada tanggal 15 Juni 2017 dan ditutup pada tanggal 18 Juni 2017.

Baca Juga : Melawan Melek Baca al-Qur’an Menjadi Prioritas Utama pada Kegiatan Nuzulul Quran 1438 H di Desa Mirring

Pada MTQ tahun ini panitia menggelar 8 jenis Kontes yakni Kontes Adzan, Praktek Shalat Berjamaah, Kontes Bacaan Tadarrus, Kontes Da’i Cilik (Ceramah), Kontes Hapalan Do’a Harian, Hapalan Surah-Surah Pendek, Tilawatil Qur’an dan Kontes Busana Muslim/Muslimah yang lebih dikhususnya untuk anak usia 9 tahun kebawah.

Selain sebagai ajang menanamkan dan mengasah jiwa kompetisi dan sportifitas bagi anak-anak yang menjadi peserta MTQ, kegiatan ini juga menjadi hiburan tersendiri bagi warga masyarakat Kelurahan Amassangan secara umum. Nampak keceriaan menghiasi suasana kegiatan ketika kontes busana muslim/muslimah dilangsungkan dimana dengan polos namum penuh percaya diri para peserta melenggang di catwalk sederhana yang disiapkan panitia meniru pose model-model profesional.

Kegiatan MTQ ini terlaksana dengan pendanaan yang bersumber dari partisipasi masyarakat setempat dan kontribusi beberapa pemangku kepentingan termasuk anggota parlemen daerah di Kabupaten Polewali Mandar.