Beranda Kegiatan Sosial Meriahnya Pembukaan MTQ Polewali Mandar Ke-7 di Batetangnga

Meriahnya Pembukaan MTQ Polewali Mandar Ke-7 di Batetangnga

199

PATTAE.com | Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan polewali mandar (polman) ke-7 berlangsung meriah. Berdatangan warga Batetangnga menyambut para kafilah (rombongan) dari tiap-tiap kecamatan. Selasa (30/1/2018)

Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar beserta rombongan tiba di lokasi pembukaan MTQ di Lapangan Sepakbola desa Batetangnga yang merupakan wilayah pondok pesantren Al Ihsan DDI Kanang sekitar pukul 20:30 WITA.

Rangkaian seremoni pembukaan, diawali dengan penyambutan kafilah-kafilah dari tiap kecamatan. Menampilkan beberapa seni tradisional seperti rebana, Berpakaian Islami, Tiap kafilah melakukan pawai memasuki lokasi pembukaan mulai dari pintu gerbang pondok Pesantren (Ponpes) Al Ihsan DDI Kanang.

Pawai Pesertas MTQ Polman Ke-7 dari tiap Kecamatan. Selama 30/1/2018 Malam hari

Bukan hanya itu, pembukaan MTQ ke-7 Polman ini, semakin meriah, ketika penampilan para santri Ponpes Al ihsan DDI kanang yang mempersembahkan tarian kolosal yang bertajuk penggambaran masyarakat Batetangnga sebelum dan sesudah ajaran Islam disiarkan di tanah Pattae.

Tarian kolosal yang ditampilkan para santri ini, menceritakan tentang kebiasaan masyarakat Pattae di Batetangnga Ma’Mimala, yaitu pemberian sesajen di tempat yang dianggap sakral seperti pohon, batu, dan benda sakral lainnya sebelum mengenal Islam yang dibawa oleh sang penyebar ajaran Islam pertama di Polewali Mandar yang dikenal sebagai Tosalama’.

Tarian Kolosal dari Santri Pondok Pesantren Al Ihsan DDI Kanang pada malam pembukaan MTQ Polman ke-7 Selasa 30/1/2018

Pergelaran MTQ Polman ke-7 secara resmi dibuka pada pukul 10:00 setelah buapati polman yang biasa disapa AIM menyampaikan sambutannya.

Pada sambutannya, adik dari Gubernur Sulawesi Barat saat ini, berharap “dengan adanya pelanksanaan MTQ ini bisa menghasil pembaca alquran yang handal di polman” tuturnya

Bupati Polman juga mengatakan akan menambah tiap tahunnya anggaran pelaksanaan MTQ polman “pemerintah akan terus menambah terus anggaran MTQ di Polewali mandar” lanjutnya

Penyerahan Piala bergilir MTQ ke LPTQ Kabupaten Polman Oleh Bupati Polewali Mandar AIM. Selasa 30/1/2018

Bukan hanya itu, Bupati Polman pada kesempatannya juga melakukan simbolisasi penyerahan piala bergilir MTQ yang sebelum nya diraih kafilah dari Kecamatan Campalagiang (Tahun 2016 kemarin), diserahkan kembali LPTQ Polewali Mandar selaku penyelenggara, kemudian diperebutkan kembali MTQ tahun ini (2018).

Selain itu, Pak Bupati juga memberikan Bantuan dana untuk Masjid Raya Nurul Huda Batetangnga sebanyak Rp 100 Juta, dan penyerahan secara simbolis Kartu BPJS Ketenaga Kerjaan kepada Khatib, Guru Ngaji, dan Pejabat Keagamaan lainnya.(*/)

Penyerahan Bantuan Dana dari Pemerintah daerah Polewali Mandar Oleh Bupati Polman AIM kepada Pengurus Masjid Nurul Huda Batetangnga, Suyuti. Selasa 30/1/2018