Beranda Wisata Kuliner Pattae Nasu Kadundung, Kuliner Pattae yang Mantap Jiwa !

Nasu Kadundung, Kuliner Pattae yang Mantap Jiwa !

425
BAGEI TOLAEN !

Nasu kadundung adalah masakan khas suku pattae, yang ada di Kab. Polman, Prov. Sulbar. Jangan mengaku pernah menginjakkan kaki di tanah pattae, bila belum mencicipi kuliner khas pattae yang satu ini. Inilah salah satu masakan khas suku Pattae yang mantap jiwa. Dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu yang sederhana, tapi menghasilkan cita rasa yang tinggi.

Nasu Kadundung memiliki aroma yang khas. Aromanya merupakan perpaduan aroma bumbu alami yang di dominasi daun kedondong. Wanginya dijamin akan mengundang selera anda untuk sekedar mencicipi, bahkan jika anda masih merasa kenyang.

Nasu Kadundung, Kuliner yang Sehat dan Kaya Gizi

Kuliner khas yang satu ini diklaim sebagai masakan yang sehat dan kaya gizi. Tidak berlebihan sebenarnya, karena nasu kadundung tidak menggunakan penyedap rasa sama sekali. Bahan yang digunakan untuk membuatnya juga dari bahan-bahan yang alami, seperti: daun kedondong muda, pakis, serai, lengkuas, dan gula merah. Dengan demikian, tidak salah bila nasu kadundung diklaim sebagai makanan yang sehat dan kaya gizi. Apalagi daun kedondong sebagai bumbu utama, juga dipercaya memiliki kandungan alami yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti: zat besi, kalsium, vitamin A dan vitamin B.

Nasu kadundung biasanya digunakan untuk menyajikan masakan ayam kampung, sehingga dipercaya sebagai masakan khas yang bebas kolesterol. Kuliner jenis ini, memang rasanya akan sangat pas bila menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Tapi bagi anda yang tidak suka dengan daging ayam kampung, tidak perlu kecewa. Resep nasu kadundung juga dapat digunakan untuk memasak bahan lainnya selain daging ayam, seperti: daging sapi atau daging ikan.

Daun kedondong membuat daging yang dimasak akan terasa asam tapi segar. Rasa asam yang dominan dari daun kedondong terasa meresap ke dalam daging, sehingga rasa daging menjadi semakin nikmat. Nasu kadundung biasanya dihidangkan bersama dengan nasi atau ketupat.

Nasu Kadundung Kuliner Khas Pattae Yang Mantap Jiwa
Nasu Kadundung Kuliner Khas Pattae Yang Mantap Jiwa

Resep Masakan Nasu Kadundung

Bahan yang diperlukan, antara lain: ayam kampung (dipotong-potong), 1 (satu) batang serai, yang dimemarkan, 2 (dua) cm lengkuas yang dimemarkan, 2 (dua) tangkai pucuk daun kedondong muda yang diiris kasar, 2 (dua) ikat daun pakis disiangi dan diiris kasar, 1 (satu) batang daun seledri yang diiris kasar, 3 (tiga) sendok makan minyak goreng, 1/2 (setengah) sendok makan gula merah di sisir, 1/2 (setengah) sendok teh garam, dan 1500 ml air. Bumbu yang diperlukan, antara lain: 2 (dua) buah Cabai rawit merah dan 6 (enam) butir bawang merah serta 4 (empat) siung bawang putih.

Cara Membuatnya, antara lain: Lumuri ayam dengan garam dan air jeruk nipis lalu diamkan selam 20 menit, Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus. Tambahkan serai, dan lengkuas sampai beraroma harum lalu masukkan ayam dan aduk merata sampai ayam berubah warna. Tuangkan air dan aduk lagi masak air sampai mendidih. Masukkan daun kedondong, daun pakis, gula merah dan garam aduk rata. Tambahkan daun seledri dan aduk rata dan masak sampai bumbu meresap dan matang lalu angkat. Masakan siap dihidangkan.

Salah satu rahasia untuk menghasilkan rasa masakan nasu kadundung yang pas adalah daun kedondong. Anda harus bisa memilih daun kedondong yang pas, untuk dijadikan sebagai bahan dalam membuat masakan ini. Mungkin itulah sebabnya sehingga masakan ini akan terasa jauh lebih nikmat bila diramu dan disajikan di Tanah Pattae sendiri.

Nasu Kadundung, Kuliner Khas Turun Temurun

Nasu kadundung merupakan kuliner yang benar-benar khas di Pattae. Resep masakan ini telah diwariskan turun temurun dalam masyarakat Pattae yang ada di Kab. Polman, Provinsi Sulawesi Barat. Jika anda berkunjung ke tanah Pattae, maka anda dapat dengan mudah menemukan jenis makanan ini di kampung mana saja di tanah Pattae, karena resep masakan ini sudah umum diketahui oleh masyarakat Pattae.

Kuliner ini sering disajikan sebagai hidangan dalam acara atau pesta yang diadakan oleh warga masyarakat, seperti: pesta perkawinan, khitanan, pesta adat, dan lain sebagainya. Namun selain dalam acara-acara resmi, biasanya masakan ini juga dibuat sebagai masakan yang dihidangkan sehari-hari.

Demo Memasak Nasu Kadundung LKM Sadar Wisata di Desa Batetangnga.
Demo Memasak Nasu Kadundung LKM Sadar Wisata di Desa Batetangnga.

Kuliner khas ini sekarang sedang dikembangkan di beberapa tempat oleh kelompok-kelompok masyarakat Pattae, khususnya ibu-ibu. Potensi bisnis dari masakan khas ini mulai tampak karena ternyata mampu menarik minat cukup banyak orang dengan cita rasanya yang khas. Salah satu kelompok masyarakat Pattae yang aktif memperkenalkan masakan khas ini adalah LKM Sadar Wisata, yang ada di Desa Batetangnga, Kec. Binuang, Kab. Polman, yang biasanya mengadakan demo memasak.

Menikmati Nasu Kadundung di Rawa Bangun

Obyek Wisata Rawa Bangun Desa Batetangnga.
Obyek Wisata Rawa Bangun Desa Batetangnga.

Jika anda melakukan perjalanan ke Kab. Polman. Prov. Sulbar, maka sempatkanlah untuk mencicipi kuliner khas ini. Anda dapat menikmati nasu kadundung sambil menikmati keindahan alam, misalnya dengan mengunjungi Obyek Wisata Alam Pemancingan Rawa Bangun yang ada di Desa Batetangnga, Kec. Binuang. Obyek wisata Rawa Bangun memiliki daya tarik tersendiri yang akan membuat para pengunjungnya betah untuk berlama-lama menikmati keindahan alam disekitarnya. Kami akan mengulas secara khusus mengenai keindahan alam obyek wisata alam Rawa Bangun ini pada artikel yang lainnya.

Di obyek wisata alam ini, terdapat warung-warung yang menyajikan hidangan Nasu Kadundung. Harganya relatif murah. Anda dapat menikmati masakan nasu kadundung ditempat ini, yang disajikan dengan nasi atau ketupat sambil menikmati keindahan alam Rawa Bangun. Kenikmatan cita rasa kuliner nasu kadundung, dijamin akan memanjakan lidah anda, sehingga tidak akan mudah anda lupakan.