Beranda Sosial & Masyarakat Seorang Nenek Usia Lanjut Membutuhkan Santunan Masyarakat

Seorang Nenek Usia Lanjut Membutuhkan Santunan Masyarakat

85
Photo Nenek Malla saat mendapat kunjungan dari Komunitas Gerakan Peduli Sosial Polewali Mandar (GPS-PM), Jumat 16/2/2018. Photo by Nurmadina Al Munawwarah

PATTAE.com | Seorang warga usia lanjut bernama, Malla(90) di dusun Tappina, desa Mirring Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar, mengandalkan santunan warga setempat untuk tetap bertahan hidup.

Nenek Malla, diketahui sudah 6 tahun tinggal seorang diri di rumah yang berdiri diatas tanah pinjaman warga setempat, dan kini, kondisi rumah tersebut sudah mulai reyot.

Perabotan dalam rumah itu nampak terlihat hanya terdapat sebuah tempat tidur dan beberapa alat dapur yang berserakan, tanpa lemari dan kursi.

Berpindah dari tempat ke tempat yang lain sudah berapa kali dilakukan nenek Malla karena tidak memiliki tanah atau rumah tetap, seperti keterangan warga setempat, nenek Malla sudah dua kali berpindah tempat tinggal.

Saat ini, nenek Malla tidak bisa bekerja untuk memenuhi kebutuahan sehari-harinya, dikarenakan kondisi fisik yang sudah tidak mampu lagi. Selain itu, Pendengaran dan penglihatannya juga sudah mulai terganggu.

Nenek Malla diketahui memiliki keponakan, tinggal tidak jauh dari rumahnya yang selalu memberikan kebutuhan hidup Malla.

Dengan kesibukan berdangang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sang ponakan jarang di rumah bersama nenek Malla. Sang ponakan pun sangat khawatir dengan derita sakit perut yang kadang dialami nenek Malla setiap saat.

Menurut penuturan warga kepada Komunitas Gerakan Peduli Sosial Polewali Mandar (GPS-PM) yang turun melakukan survei ke tetangga sekitar rumah nenek Malla pada hari Jumat (16/2/2017). Nenek Malla, biasanya mendapat kunjungan dari petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Binuang.

Bantuan RASKIN menjadi penopang hidup nenek Malla yang didapatnya sekali dalam waktu 3 bulan, itupun kadang dijual untuk memenuhi keinginan sang nenek ketika meminta tuk dibelikan sayur dan ikan sebagai lauk-pauknya.

“Biasanya jika ada bantuan seperti sembako, sebagian akan dijual sebab nenek Malla tidak suka sembarang makan. Kadang ia meminta sayur dan ikan sebagai pendamping nasi.”ungkap kemenakannya saat diwawancarai anggota GPS-PM, Jumat, 16 Februari 2018.(kontributor/Nurmayanti)**