Beranda Sosial & Masyarakat Pawai Takbir Menyambut Idul Fitri 1438 H Desa Batetangnga Berlangsung Ramai

Pawai Takbir Menyambut Idul Fitri 1438 H Desa Batetangnga Berlangsung Ramai

108
Takbir Keliling yang menjadi tradisi melepas bulan Ramadhan, dan menyambut hari kemenangan Idul Fitri 1438 H, Sabtu 24/06/2017 Malam ini (Foto : Tato)

PATTAE.com | Batetangnga- Sejumlah masyarakat desa Batetangnga dari beberapa dusun melakukan pawai takbir keliling sebagai tradisi menyambut hari raya idul fitri 1 syawal 1438 H berlangsung sangat ramai, baik peserta, maupun masyarakat yang datang menonton Sabtu (24/06) malam.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Masjid raya Nurul Huda Batetangnga selain menjadi sentral dari berbagai masjid ditiap dusun, juga menjadi titik start dalam kegiatan pawai takbir keliling masyarakat desa Batetangnga, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar.

Pawai takbir ini terlihat semarak dimana mulai dari anak-anak, sampai orang dewasa tidak ingin ketinggalan pada momen yang dilaksanakan setahun sekali ini.

Dari sejumlah anak-anak itu, terlihat senang berbaris dengan obor menyala yang di bawahnya, remaja melalukan tabuh beduk, sedangkan orang dewasa mengumandangkan takbir, tahlil, dan tahmid sepanjang jalan.

Terlihat pawai takbir keliling desa batetangnga 24/06/2017 (foto: Fikri)

Meskipun cuaca tak bersahabat, hujan rintik tidak menjadi penghalang para peserta takbir keliling untuk merayakan hari kemenangan pada malam menjelang lebaran Idul Fitri yang jatuh pada hari Minggu (25/06).

Baca juga : Menyambut Ramadhan 1438 H, Masyarakat Lemo Melakukan Kirab Obor

Hampir semua dusun yang ada di desa Batatetangnga ikut terlibat dan berkumpul bersama dengan membawa masing-masing miniatur masjid yang dihiasi lampu berwarna-warni siap mengikuti pawai takbir tahun ini.

Masing-masing peserta pawai takbir kali ini di lepas secara resmi oleh kepala desa Batetangnga pada pukul 20:00 wita di depan Masjid Nurul Huda Batetangnga dengan dikawal 1 mobil polisi didepan para peserta.

Masing-masing peserta juga di nilai dari beberapa aspek seperti kerapian barisan, ketertiban, dan juga pernak-pernik para paserta pawai takbir.

Para tim penilai pawai takbir keliling ini tersebar di beberapa titik simpang setiap jalan yang dilalui, dan memberikan penilaian sesuai dengan kategori yang telah di tentukan oleh panitia.

Seusai berkeliling, para peserta pawai takbir kembali ke titik start di masjid raya nurul huda guna mendengarkan pengumuman pemenang pawai takbir sekaligus penerimaan hadia dari panitia.

setelah itu, sekitar pukul 23:00 wita, peserta takbir keliling kemudian membubarkan diri secara tertip, dan kembali kedusun masing-masing.(*/)