Beranda Kegiatan Sosial Penggunaan Masjid Baru, Warga Dusun Tappang dan Cendana Syukuran

Penggunaan Masjid Baru, Warga Dusun Tappang dan Cendana Syukuran

121
BAGEI TOLAEN !
Syukuran Masjid Baru Al-Jabar Dusun Tappang & Cendana, Desa Kunyi, Kec. Anreapi, Kab. Polman, Sulbar Jum'at 19/05/2017 (Foto: Dapo)

PATTAE.com | Kunyi- Menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H, Masayarakat Tappang dan Cendana Desa Kunyi, Kec. Anreapi, Kab. Polman, mengadakan syukuran memasuki Masjid baru, yang  dihadiri tokoh Agama/Masyarakat, warga sekitar serta pihak pemerintah seperti Kapala Desa Kunyi, Ketua BPD Desa Kunyi, Kapala Dusun dan TNI/BABINSA di Masjid Al-Jabar yang baru Jumat 19/05/2017

Masjid Al-Jabar merupakan Masjid yang dibangun kembali, namun karena Bangunan Masjid sebelumnya tidak begitu memadai untuk menampung jumlah jamaah di hari-hari besar Islam, maka, warga sepakat untuk dibangun kembali dengan syarat lebih luas dari masjid sebelumnya.

“syukurlah, masjid ini sudah bisa ditempati dan shalat di hari raya tidak lagi sempit dan tidak ada yang di luar” Kata Hendrik

Masjid Al-Jabar yang dulunya terletak di Dusun Tappang dengan luas bangunan 10×10 meter persegi, tidak memungkinkan lagi untuk menambah luas area.

Karena perluasan area masjid tidak bisa dilakukan di lokasi sebelumnya, maka dipindahkanlah ke lokasi baru dengan membangun kembali masjid Al-Jabar yang letaknya di perbatasan Dusun Tappang, dan Dusun Cendana dengan luas bangunan 15×15 meter persegi.

Pembangunan masjid dimulai Tahun 2012, dan sampai saat ini masih belum rampung dikarenakan terkendala persoalan dana yang minim.

Pembangunan Masjid Baru tersebut, merupakan sokongan dana dari swadaya masyarakat setempat, pemerintah Desa, dan pemerintah Provinsi serta dari simpatisan.

“walau pembangunan belum sepenuhnya rampung atau setidaknya masih ada empat tahapan lagi, tetapi sudah dapat ditempati dan patut disyukuri”. kata Umar

Kondisi Masjid Al-Jabar Baru yang pembangunannya belum rampung terkendala dana (Foto : Dapo 2017)

Kondisi masjid baru saat ini hanya berdinding bambu dan masih berlantai kasar. Umar, selaku bendahara pembangunan Masjid Baru Al-Jabar menambahkan pembangunan masjid baru tersebut, membutuhkan banyak dana untuk melanjutkan tahap selanjutnya.

“ini pembangunan sudah berlangsung selama 5 tahun dan kami sangat butuh sumbangan dari para darmawan demi kelanjutan kegiatan pembangunannya”. Lanjutnya

Antusiasme warga sekitar terlihat dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan rasa syukur karena telah difungsikannya masjid baru.

Setelah mengadakan acara syukuran, warga kemudian melanjutkan shalat Jumat secara berjamaah, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, perempuan juga ikut dalam shalat pertama di masjid baru tersebut.(*)