Beranda Masyarakat & Pendidikan Peringati Hardiknas Gugus PAUD Kec. Binuang Gelar Gebyar PAUD 2017

Peringati Hardiknas Gugus PAUD Kec. Binuang Gelar Gebyar PAUD 2017

124
BAGEI TOLAEN !

Gebyar PAUD sudah merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD dalam wilayah Kecamatan Binuang. Kegiatan ini menjadi rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei. Dengan dana yang minim karena hanya mengandalkan kontribusi dan swadaya dari lembaga-lembaga PAUD yang ada, Gebyar PAUD 2017 ini sukses menyita perhatian publik sebagai event yang tidak asal-asalan.

Kegiatan dimaksudkan sebagai ajang mengasah keterampilan dan kreatifitas anak-anak usia dini seiring tumbuh kembang mereka. Untuk tahun 2017 ini pelaksanaannya dipusatkan di Sarampu Desa Kuajang dengan mengusung tema “Melalui Gebyar PAUD, Mari Kita Tingkatkan Pembinaan Komitmen Semangat dan Kompetensi untuk Membangun Pendidikan Anak Usia Dini yang Berkarakter”

Kegiatan dijadwalkan berlangsung selama 2 hari yakni 1 s/d 2 Mei 2017 dimana pada hari pertama ada seremonial pembukaan dan perlombaan antar anak didik beserta tendiknya, dan pada hari kedua diisi dengan Pawai dan Penutupan

Seremonial pembukaan diawali dengan Do’a yang dipimpin oleh Imam Masjid Nurul Jamaah Sarampu dilanjutkan dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta Mars PAUD oleh  para tendik di wilayah Desa Kuajang kemudian dilanjutkan dengan Laporan oleh Panitia Pelaksana kemudian sambutan-sambutan.

Hadir pada acara pembukaan ini Kepala Desa Kuajang H. Muhammad selaku tuan rumah, beliau didampingi oleh tokoh-tokoh pendidik, tokoh masyarakat dan tokoh agama dari Desa Kuajang. Selain itu kegiatan pembukaan juga dihadiri oleh Camat Binuang Budiaty Bestari, S.Sos., M.Si. dalam sambutannya beliau menyampaikan dukungan atas kegiatan ini. Sekaligus memberikan apresiasi atas prestasi peserta didik dari salah satu lembaga PAUD di Kecamatan Binuang yang telah mempersembahkan tropy runner up bagi kecamatan Binuang pada lomba tingkat Kabupaten Polewali Mandar

Secara resmi seluruh rangkaian kegiatan Gebyar PAUD dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar yang mana diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah yakni NASRUDDIN T. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan hal terkait Biaya Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP-PAUD). Beliau menjelaskan bahwa adanya beberapa lembaga PAUD yang gagal mendapatkan BOP-PAUD 2017 dikarenakan lembaga yang bersangkutan belum memenuhi syarat utama yakni mengisi DAPODIK secara lengkap dan belum menyampaikan Laporan Penggunaan Dana BOP-PAUD tahun sebelumnya.

Acara dilanjutkan dengan lomba Puisi oleh Peserta Didik, kemudian lomba Gerak dan Lagu yang kali ini diperagakan oleh para Tenaga Pendidik. Di ruangan lain dilangsungkan secara bersamaan Lomba Mewarnai, Lomba Hapalan Do’a Sehari-Hari, dan Lomba Hapalan Surah-Surah Pendek, sementara itu dihalaman terbuka yang masih merupakan area pusat kegiatan dilangsungkan lomba senam anak PAUD dan Lomba Ma’jengka Ka’daro.

Pada hari kedua dilaksanakan Pawai. Disini ditampilkan arak-arakan Anak PAUD dari 30 Lembaga PAUD se-Kecamatan Binuang dalam balutan beragam busana adat dan profesi. meskipun terik cahaya matahari memicu peluh yang perlahan melunturkan riasan di wajah-wajah polos mereka namun itu tidak menyurutkan semangat dan keceriaan anak-anak PAUD ini untuk terus bergerak mengikuti rute yang telah ditentukan.

Kegiatan diakhiri dengan acara seremonial penutupan yang dirangkaikan dengan pengumuman hasil lomba disertai penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba.