Beranda Masyarakat & Pendidikan Pondok Pesantren DDI Kanang Promosikan MTs di Majene

Pondok Pesantren DDI Kanang Promosikan MTs di Majene

235
Pondok Pesantren DDI Kanang Promosikan MTs di Majene.
Pondok Pesantren DDI Kanang Promosikan MTs di Majene.

Pondok Pesantren DDI Kanang | PATTAE | Pondok Pesantren DDI Kanang mengunjungi beberapa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang berada di Kab. Majene. Kunjungan rombongan Pesantren DDI Kanang tersebut dilaksanakan pada hari selasa, 4 Maret 2017 yang lalu, dalam rangka mempromosikan MTs DDI Kanang kepada para siswa. Kegiatan promosi yang dilakukan Pondok Pesantren DDI Kanang ini merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tahun,  yakni saat menjelang berakhirnya tahun ajaran. Kegiatan ini dilakukan agar dapat menarik minat para siswa untuk melanjutkan pendidikannya di MTs DDI Kanang.

Pondok Pesantren DDI Kanang terletak di Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang, Kab. Polman. Masyarakat Pattae tentunya tidak asing lagi saat mendengar nama Pondok Pesantren DDI Kanang. Lembaga pendidikan ini telah lama berdiri dan memberikan kontribusi yang besar terhadap dunia pendidikan di Kab. Polman. Pondok pesantren DDI Kanang ini merupakan salah satu pondok pesantren terbesar yang ada di Kabupaten Polewali Mandar, bahkan se-Provinsi Sulawesi Barat.

Pondok Pesantren DDI Kanang memiliki 4 lembaga pendidikan formal, antara lain: Roadatul Affal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Saat ini, santri di Pondok Pesantren DDI Kanang berjumlah kurang lebih seribu orang santri dari semua tingkatan yang ada di lembaga pendidikan tersebut. Untuk tahun ajaran yang akan datang, MTs DDI Kanang menargetkan jumlah santri yang akan mereka terima sekitar 200 santri. Para santri tersebut, selanjutnya akan dibagi dalam 5 (lima) kelas.

Metode Baru dalam Promosi Pondok Pesantren DDI Kanang

Dalam melakukan kegiatan promosi, Pondok Pesantren DDI Kanang mengunjungi 4 sekolah yang ada di Kab. Majene. Dari 4 sekolah yang dikunjungi tersebut, 3 diantaranya adalah Sekolah Dasar (SD) dan 1 Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kesemuanya merupakan sekolah yang telah dikenal sebagai sekolah berprestasi dan termasuk dalam kategori sekolah unggulan di Kab. Majene.

Promosi MTs DDI Kanang kali ini, diselenggarakan dengan gaya atau metode yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya Pondok Pesantren DDI Kanang mempromosikan lembaga pendidikan yang dimiliki melalui media, seperti brosur atau baliho. Kali ini Promosi MTs DDI Kanang dilakukan langsung oleh para santri MTs DDI Kanang. Para santri tersebut, memaparkan berbagai hal tentang Pondok Pesantren DDI Kanang. Mereka menjelaskan banyak hal tentang Pondok Pesantren, mulai dari hal umum tentang Madrasah, kegiatan belajar mengajar, sampai dengan penjelasan mengenai kegiatan ekstrakurikuler yang dimiliki oleh tiap madrasah.

Beberapa kegiatan yang dipromosikan oleh para santri MTs DDI Kanang, antara lain: nahwu syaraf, tahfizul qur’an, kitab kuning untuk kegiatan kepesantrenan. Selain itu, mereka juga menjelaskan tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di MTs DDI Kanang, seperti: bahasa Arab, bahasa Inggris, Marching Band, dan lain sebagainya.

Rombongan Pondok Pesantren DDI Kanang disambut baik oleh guru-guru di sekolah yang dikunjungi. Sementara itu, para siswa yang dikunjungi juga tampak sangat antusias mendengarkan penyampaian dari para santri MTs DDI Kanang. Mereka tampak terhibur dan tidak merasa jenuh karena penyampaian santri MTs DDI Kanang dibarengi dengan beberapa permainan (games) yang menarik. Para siswa di sekolah yang dikunjungi tersebut menyimak penjelasan yang disampaikan kepada mereka dengan baik.

“Kegiatan-kegiatan yang kami promosikan, seperti: nahwu syaraf, tahfizul qur’an, kitab kuning dan bahasa Arab, bahasa Inggris dan lain sebagainya. Dalam kegiatan promosi itu, kami menunjukkan keterampilan yang kami miliki kepada adik-adik yang kami temui.” Demikian kata Fidya Fika Nabila, salah seorang santri di MTs DDI Kanang yang mengikuti kegiatan tersebut.