Beranda Kegiatan Sosial Posbindu : Deteksi Dini Indikasi Penyakit oleh UPTD PKM Perawatan Binuang

Posbindu : Deteksi Dini Indikasi Penyakit oleh UPTD PKM Perawatan Binuang

176
BAGEI TOLAEN !
Pemeriksaaan Warga Desa Paku oleh Tim Posbindu, Rabu, 22 Maret 2017
Pemeriksaaan Warga Desa Paku oleh Tim Posbindu, Rabu, 22 Maret 2017

POSBINDU merupakan singkatan dari Program Pos Pembinaan Terpadu. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Tim Medis dari UPTD Puskesmas Perawatan Binuang, pada hari Rabu, 22 Maret 2017. Kegiatan POSBINDU ini diadakan di halaman Kantor Desa Paku, Kecamatan Binuang, Kab. Polman. Dalam kegiatan ini, Tim Medis dari UPTD Puskesmas Perawatan Binuang menyelenggarakan layanan pemeriksaan kesehatan rutin kepada warga desa Paku.

POSBINDU sendiri merupakan agenda rutin yang dijadwalkan setiap bulan di seluruh Desa/Kelurahan yang ada dalam wilayah kerja UPTD Puskesmas Perawatan Binuang. Sasaran utama kegiatan ini adalah penduduk usia 18 tahun keatas. Tujuannnya adalah untuk mendeteksi adanya kelainan-kelainan atau penyakit yang ada di masyarakat, terutama Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti hipertensi, gula, adanya tumor dan sebagainya.

Kegiatan yang biasanya dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan posbindu di masyarakat ini adalah pemeriksaan fisik. Pemeriksaan dilakukan mulai dari urin, darah, berat badan, tinggi badan. Jika ada keluhan maka bisa dirujuk ke Puskesmas. Biasanya petugas puskesmas akan ikut membina kegiatan ini karena ini juga menjadi salah satu program UKM yang bersumber daya dari masyarakat itu sendiri.

Kegiatan POSBINDU yang dilaksanakan di halaman Kantor Desa Paku, Kec. Binuang ini tampaknya cukup menarik perhatian masyarakat sekitar. Cukup banyak kalangan masyarakat yang datang untuk memeriksakan kesehatannya dalam kegiatan ini.

POSBINDU dan Peran Serta Masyarakat

Posbindu merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini penyakit. Termasuk pula pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Faktor risiko penyakit tidak menular (PTM), meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat dan kurang aktifitas fisik. Faktor PTM lainnya juga meliputi, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol. Selain itu, menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar. Kelompok PTM Utama adalah diabetes melitus (DM), kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah (PJPD), penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan.

Kalau Misalnya disini ada keluhan Ibu yang merasakan gangguan atau hal-hal tidak wajar disekitar alat kelaminnya, maka kita lakukan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat). Oleh karena disini tidak memungkinkan untuk dilakukan pemeriksaan IVA karena tidak ada tempat yang memadai, maka itu kita alihkan ke Puskesmas”. Demikian dijelaskan Bidan Harmawati, S.ST selaku Bidan pada Puskemas Binuang dan juga salah satu pelaksana teknis program Posbindu ini.

Kelainan-kelainan yang dideteksi pada saat pemeriksaan akan menjadi bahan rekomendasi untuk pengobatan/terapi lebih lanjut. “Sebagai contoh jika ada keluhan kelainan disekitar kelamin maka disarankan untuk pemeriksaan lebih lanjut ke Puskesmas karena sarana pemeriksaan di Posbindu tidak memadai. Jika yang dideteksi adalah gejala Hipertensi atau Gula maka direkomendasikan untuk ikut kegiatan Prolanis“, demikian penjelasan Bidan Harmawati, S.ST. Kita tentunya berharap, kegiatan yang bermanfaat seperti ini dapat dilaksanakan terus menerus secara berkelanjutan.