Beranda Wisata Alam Pattae Pulau Karamasan: Destinasi Wisata Alam yang Memanjakan Mata Para Pengunjung

Pulau Karamasan: Destinasi Wisata Alam yang Memanjakan Mata Para Pengunjung

171
BAGEI TOLAEN !
Pulau Karamasan: Destinasi Wisata Alam yang Memanjakan Mata Para Pengunjung
Pulau Karamasan: Destinasi Wisata Alam yang Memanjakan Mata Para Pengunjung

Pulau Karamasan | PATTAE | Tanah Pattae ternyata memiliki begitu banyak destinasi wisata alam yang dapat memanjakan mata para pengunjungnya. Salah satu destinasi wisata alam di tanah Pattae yang wajib dikunjungi adalah pulau berpasir putih dengan gugusan batu karang, yang berada di Kelurahan Amassangan, Polewali Mandar. Masyarakat Pattae menyebut tempat ini dengan nama Pulau Karamasan.

Selain dikenal dengan nama Pulau Karamasan, tempat wisata ini juga sering disebut dengan nama Pulau Kucing oleh para pengunjung (termasuk oleh Mahasiswa Pencinta Alam UNASMAN) yang pernah datang ke tempat wisata ini. Mereka menyebutnya dengan nama Pulau Kucing, karena di tempat wisata ini, terdapat banyak kucing. “Mungkin” masyarakat sekitar banyak yang sering memindahkan (lebih tepat disebut “membuang”) kucing ke Pulau ini. Jadi, memang tidak salah bila pulau ini disebut juga dengan nama “Pulau Kucing”.

Pulau Karamasan atau Pulau Kucing, termasuk dalam wilayah Kelurahan Amassangan, Kecamatan Binuang, Kab. Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Jaraknya relatif dekat dari pantai Binuang, sehingga anda dapat melihat pulau ini dengan jelas dari tepi pantai.

Anda bisa memilih beberapa alternatif tempat penyeberangan untuk menuju ke Pulau itu. Anda dapat bertolak dari tempat penyeberangan di Dusun Bajoe, yang dinamai Ato’ Cempa atau menyeberang dari Pantai Silopo. Jika anda cukup berani untuk menggunakan perahu kecil dengan mesin katinting (perahu ces), mungkin anda dapat meminta nelayan setempat untuk diantar ke Pulau Karamasan. Menyeberangi laut dengan menggunakan perahu kecil pastilah akan cukup untuk meningkatkan adrenalin anda.

Keindahan Pulau Karamasan

Jika anda senang berwisata menikmati pemandangan alam, maka Pulau Wisata Karamasan merupakan salah satu destinasi yang tidak boleh anda abaikan. Di pulau ini, panorama sunset tampak begitu indah. Pada waktu tertentu, misalnya di musim liburan, Pulau ini akan cukup ramai dikunjungi oleh kalangan muda. Mereka datang untuk kemping sambil menikmati keindahan alam di Pulau ini.

Di sekitar Pulau Karamasan terdapat panorama yang cukup unik. Para pengunjung biasanya senang mengambil gambar dengan latar belakang pemandangan yang indah dan unik. Anda dapat menemukan hal seperti itu di Pulau Wisata Karamasan.

Di Pulau wisata ini, anda dapat menyaksikan pemandangan bebatuan terjal atau gugusan pulau batu yang unik. Gugusan batu yang tampak seperti pulau itu berjarak sekitar 50 meter dari seberang pulau karamasan. Masyarakat setempat menyebutnya  “Pulau Batu” karena bentuknya yang tampak seperti pulau yang dipenuhi dengan bebatuan.

Panorama di Pulau Wisata Karamasan semakin tampak indah dengan air lautnya yang jernih. Anda akan merasa gelisah bila tidak menyempatkan diri untuk berenang di tepi pantai. Keindahan tempat wisata itu kemudian semakin terasa lengkap dengan tepi pantai yang dipenuhi pasir putihnya yang bersih.

Pulau Karamasan sebenarnya sudah sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal. Sayangnya, obyek wisata Pulau Karamasan ini belum dikelola dengan baik. Kondisi tempat wisata ini benar-benar masih natural, termasuk fasilitas yang tersedia. Oleh karena itu, untuk menjaga kebersihan dan keindahan obyek wisata Pulau Karamasan, sangat diharapkan partisipasi yang aktif dari para pengunjungnya.