Beranda Ekonomi Ramainya Pasar Malam atau Pasar Dadakan di Desa Batetangnga

Ramainya Pasar Malam atau Pasar Dadakan di Desa Batetangnga

77
Suasana Pasar malam atau pasar dadakan yang ada di desa Batetangnga, Kamis 1/2/2018 malam tadi (Photo: Syarbin)

PATTAE.com | Mulai depan gerbang masuk wilayah pondok pesantren, sampai persimpangan jalan Haji Latung, dipenuhi lapak para pedagang hingga menutup ruas jalan menuju kantor desa Batetangnga. Kamis (1/2/2017) malam tadi.

Pegelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-7 Kabupaten Polewali Mandar yang diselenggarakan di lapangan sepakbola desa Batetangnga, menjadi pemicu muncul nya pasar malam. Hal ini telah menjadi tradisi setiap diselenggarakannya MTQ.

Tidak sedikit pedagang yang membuka lapak dagangannya pada pasar malam tersebut. Sekitar 50 an lebih lapak dari beragam macam dagangan, mulai pedagang alat-alat perlengkapan dapur, asessoris, pakaian, sepatu, sandal, sampai pedagang makanan siap saji, dan masih banyak bentuk dagagangan lainnya yang tersaji.

Bagi anda yang ingin membuka lapak, ada beban uang kontribusi kepada panitia pelaksana pasar malam. Seperti pengakuan salah satu pedagang yang enggan disebutkan namanya mengatakan, uang kontribusi yang di berikan ke panitia sebesar Rp 200.000. selama seminggu.

pendapatan yang dihasilkan para pedagang bervariasi, ada yang untung ada juga kurang beruntung, seperti pedangan pakaian anak-anak yang menyebut namanya, Halimah, mengaku selama berdagang di pasar malam tersebut, keuntungan yang didapat kurang.

“ya.. biginilah, masih kurang pembeli, mungkin yang datang baru cek-cek harga atau sekedar datang tuk liat-liat saja” tuturnya

Beda lagi dengan pedagang alat-alat dapur yang enggan menyebut namanya, meskipun tidak menyebut nominal keuntungan yang didapat, namun, Ia mengaku untung banyak selama menjual dagangannya di pasar malam tersebut.

Suasana Pasar Malam Desa Batetangnga pada Kamis Malam (1/2/2018) Photo: Syarbin

Dengan adanya pasar malam atau pasar dadakan tersebut, tidak sedikit masyarakat baik dari desa Batetangnga, maupun luar Batetangnga menyia-nyiakan kesempatan tuk berbelanja. Apalagi, di pasar dadakan tersebut, menyuguhkan dagangan dengan harga relatif murah.

Jadwal pasar malam/dadakan tersebut mulai beroperasi pada sore hari sampai tengah malam. Hal ini berlangsung seminggu lamanya, mulai pada tanggal 30 Januari sampai 6 Februari 2017. Akan sangat banyak waktu tuk memilih-milih dagangan, atau hanya sekedar jalan-jalan menikmati keramaian pasar malam tersebut.

Pedagang di persimpangan jalan Haji Latung desa Batetangnga, Kamis Malam (1/2/2018) Photo: Syarbin

Meskipun sering menimbulkan kemacetan, para pedagang dan warga setempat tetap berdatangan ke lokasi pasar malam tersebut. Jadi, disaran yang ingin lewat jalan depan ponpes DDI Al Ihsan Kanang dan jalan Haji latung, diserankan jangan melewati jalan tersebut pada jam beroperasinya pasar malam.(*/)