Beranda Kepemudaan Ribuan Siswa PMR Lakukan Kegiatan Jumbara Se-Kabupaten Polman

Ribuan Siswa PMR Lakukan Kegiatan Jumbara Se-Kabupaten Polman

56
Foto Pembukaan Jambura Ribuan siswa sekabupaten Polewali Mandar. Photo: Husnul
Foto Pembukaan Jumbara Ribuan siswa sekabupaten Polewali Mandar. Photo: Husnul

Ribuan siswa yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) se-Kabupaten Polewali Mandar mengikuti perkemahan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) IV PMI. Kegaitan ini dipusatkan di wisata Bendungan Sekka-sekka, Desa Kurma, Kecamatan Mapilli mulai Rabu 19 Desember 2018.

Jumbara IV Tahun 2018 ini, diikuti 1.083 siswa dari berbagai sekolah mulai Seolah Dasar hingga SMA se Polewali Mandar. Kegiatan tersebut dibuka langsung Sekretaris Daerah Polewali Mandar.

Pada kegiatan tersebut juga hadir jajaran pengurus, relawan PMI, dan anggota Forum komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) mengikuti Jumbara ke IV.

Sekretaris panitia Ilham, mengatakan, gelaran Jumbara merupakan wadah pertemuan serta usaha menjalin persahabatan sesama relawan PMR.

Foto Pembukaan perkemahan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) yang di ikuti ribuan siswa sekabupaten Polewali Mandar. Rabu 19/12/2018. Jepretan Yunita
Foto Pembukaan perkemahan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) yang di ikuti ribuan siswa sekabupaten Polewali Mandar. Rabu 19/12/2018. Jepretan Septia

Kegiatan Jumbara yang digelar Dua Tahun sekali, bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan, ketrampilan materi pelatihan, dan penerapan Tri Bakti PMR.

Hal ini, lanjut Ilham mengatakan, juga “memberikan pengakuan dan penghargaan formal atas kemampuan yang dimiliki anggota.  Memberikan motivasi untuk meningkatkan kemampuan, pemahaman materi dan penerapan Tri Bakti PMR untuk standar kompetensi kecakapan”.

“Adapun maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan ini yakni; memotivasi PMR, agar tetap meningkatkan kualitas. Lain daripada itu, juga memberikan rasa bangga dan kesadaran akan kualitasnya.” katanya.

Selain itu Ilham, juga mengharapkan program yang telah di canangkan pengurus PMI Polman. Terus di lakukan, dan berinovasi lagi, sehingga menghasilkan kader relawan tangguh.

Sementara itu, Kepala Desa Kurma Jais, mengatakan, “mengatakan bahwa kegiatan yang di lakukan oleh PMI kabupaten Polman, sangat luar biasa. Dimana, kegiatan ini sangat positif,sambil dapat mempersatukan yang satu, dengan yang lain”.

Selaku pemerintah desa, ia juga berharap biasa “kegiatan seperti ini rutin di lakukan kalau tidak bisa satu kali satu bulan minimal 1 kali satu tahun dan kami Masi tetap bersedia apabila kegiatan seperti  ini tempatkan di desa kurma” 

Kegiatan Jumbara ke IV Palang Merah Indonesia (PMI) yang dihadiri ribuan siswa tersebut dipusatkan di wisata Bendungan sekka-sekka, Desa Kurma, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar berakhir Minggu 23 Desember 2018.

Kontributor/Penulis: Yunita*