Beranda Up Date News Sejumlah Madrasah di Binuang Mulai Melaksanakan Ujian UAMBN-BK

Sejumlah Madrasah di Binuang Mulai Melaksanakan Ujian UAMBN-BK

52
Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN BK) Sesi Ketiga di Madrasah Aliyah Maarif Qasimiyah Tonyaman, Senin 26 Maret 2018. Foto: Tato

PaTTaE.com | Sejumlah Madrasah yang ada di Kecamatan Binuang Polewali Mandar, mulai menyelenggarakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer hari ini, Senin (26/3/2018).

UAMBN-BK merupakan salah satu bentuk ujian yang wajib di ikuti siswa setelah mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) sebagai syarat penyelasaian studi di Sekolahnya masing-masing.

Ujian Madrasah tersebut berlangsung selama 5 hari, dengan durasi waktu selama 2 jam setiap 1 mata pelajaran berbasis Agama yang terdapat di kurikulum pendidikan Madrasah.

Selain itu, Ujian Madrasah menggunakan sistem sesi, mulai sesi pertama pada pukul 07:00-09:30 WiTa, sesi kedua 09:30-11:00 WiTa, dan sesi ketiga, mulai pukul 13:00-14:30 WiTa.

Adapun mata pelajaran pada Ujian Berabasis Komputer untuk Madrasah Aliah seperti Matapelajaran Fiqih, Akidah Islam, Qur’an Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab, dan Ilmu Qalam.

Suasan Ujian Akhir Madrasah sesi Kedua di Madrasah Aliyah Al Wasilah Lemo, Senin 26 Maret 2018. Foto: TaTo

Ujian Berbasis Komputer, tentunya ada saja beberapa kendala yang ditemukan, seperti sarana dan prasarana dalam melaksanakan UBK (Ujian Berbasis Komputer).

Hal ini disebabkan karena Komputer (laptop) yang digunakan sangat terbatas. sehingga, dengan mentaktisi hal tersebut, pihak Penyelenggara membebankan peserta ujian menyediakan Komputernya masing-masing.

Bukan hanya itu, terkadang juga masalah yang ditemukan adalah jaringan. hal ini dialami Madrasah Aliah Al Wasilah Lemo. Menurut Proktor UBK Al Wasilah Lemo, Sumarlin, mengatakan ujian berbasis komputer terkenda pada persoalan peralatannya, seperti komputer dan Modem sebagai jaringan internet.

Lain di Madrasah Al Wasilah, Lain pula dengan Madrasah Aliyah Maarif Qasimiyah Tonyaman.

Menurut Proktor Ujian Berbasis Komputer Madrasah Aliyah Maarif Qasimiyah Tonyaman, Firsan Firdaus mengatakan untuk ujian pertama UBK di MA Maarif Qasimiyah, sampai saat ini belum menemukan kendala.(*)

Penulis: Bustamin