Beranda Opini Terdapat Dua Versi Sejarah Terbentuknya Kampung Kanang

Terdapat Dua Versi Sejarah Terbentuknya Kampung Kanang

364
BAGEI TOLAEN !
Photo Dari atas Puncak Gunung Desa Batetangnga, Kanang

PATTAE.com | Bicara tentang Kanang berarti kita bicara tentang sejarah Bate Tangnga, sehingga tidak ada namaBate Tangnga tanpa Kanang, dan tidak ada Kanang tanpa Bate Tangnga. Kanang merupakan salah satu gelar kepercayaan dari pihak kerajaan Binuang yang hanya diperuntukkan untuk orang-orang Baten Tangnga.Inilah sedikit cerita tentang Kanang berdasarkan pendapat beberapa sejarawan Penanian.[1]

Sejarah Kanang, ketika saya melakukan penelusuran pada beberapa masyarakat Pattae yang tahu sejarah, akan ditemukan dua pendapat yang saling bertentangan. Kedua pendapat ini masing-masing memiliki landasan yang menurut kedua belah pihak adalah benar.

Pada pertegahan tahun 2013, para Pemuda dan Mahasiswa desa Batetangnga membentuk sebuah Tim Expedisi KKPMB untuk melakukan penelusuran dan mencari bukti-bukti pendukung, guna mendapatkan cerita yang sebenarnya.

Gunung didaki, lautan pun disebrangi, hanya untuk mencari ulasan cerita dan fakta yang berserakan. Dari penelusuran tersebut, dikumpulkan dua pendapat yang berhasil dikumpulkan. kedua pendapat tersebut dapat di utarakan sebagai berikut: