Beranda Budaya Pattae Foto: Tradisi Mimala Matamba Bulung Etnis Pattae yang Masih Terjaga Hingga Kini

Foto: Tradisi Mimala Matamba Bulung Etnis Pattae yang Masih Terjaga Hingga Kini

252

PaTTae.com | Masyarakat suku/etnis Pattae melakukan ritual Mimala Matamba Bulung di dusun Cendana, desa Kaleok, kecamatan Binuang, Polewali Mandar. Ritual tersebut dilakukan saat tanaman di kebun masing-masing warga mulai tumbuh setengah, atau di tandai dengan mulainya menguning tanaman padi warga.

Warga Dusun Cendana di Lokasi dilaksanakannya ritual Mimala Matamba Bulung. Minggu 18/2/2018. Photografer : Amri
Photo : Amri www.pattae.com
www.pattae.com Photo by Amri

Tradisi Mimala Matamba Bulung yang dilakukan tiap 3 tahun berterut-turut ini, merupakan tradisi turun temurun yang masih kental di masyarakat pattae, khususnya di dusun Cendana, desa Kaleok Binuang Polewali Mandar.

Berjejer makanan yang telah disedian sebagai syarat Mimala Matamba Bulung. Minggu 18/2/2018. Photo Amri

Syarat dalam pelaksanaan ritual tersbut, setiap rumah, membawa penyediaan berupa bombong, kalele, yang akan di gantung nantinya di depan pemangku adat. Setelah pelaksanaan ritual selesai, masing-masing warga mengambil bombong tersebut kemudian di bawah ke rumah dan kebun masing.

Kalele, Jenis makanan yang terbuat dari beras ketan yang di masukkan dalam sebuah wadah berbentuk menyerupai ketupat lalu kemudian di rebus. Cendana Minggu 18/2/2018. Photo : Amri

Jumla bombong yang akan dibawah pulang, tergantung berapa bayak kebun, dan rumah warga yang akan di pasangkan Bombong.

Jumlah Bombong yang didalam terdapat makanan yang disebut Kalele berjumlah 1000. Minggu 18/2/2018. Photo : Amri

Mimala ini telah lama di laksanakan sejak nenek moyang masyarakat etnis pattae, kemudian masih dijaga dan dijalankan sebagian masyarakat Pattae.

Pemasangan Bombong dengan cara digantung di sebuah bambu yang panjangnya 30 meter. Minggu 18/2/2018. Photo Amri

Ritual ini dilakukan, selain dengan harapan untuk menumbuhkan tanaman agar subur, menjaga jumlah air, juga di lakukan untuk keselamatan manusia itu sendiri semala masa hidupnya di dunia.

Gambar : www.pattae.com
Terlihat warga Cendana sedang memasang Bombong dan Kalele yang digantung menggunakan daun aren yang masih muda. Minggu 18/2/2018. Photo : Amri

Penulis : Amri
Editor  : Bustamin