Beranda Kegiatan Sosial Warga Kaleok Perbaiki Jalan Mengandalkan Swadaya Masyarakat

Warga Kaleok Perbaiki Jalan Mengandalkan Swadaya Masyarakat

162
Warga Kaleok melakukan gotong royong memperbaiki jalan, Minggu (4/2/2018) lalu. Photo: Amri

PATTAE.com | Warga Desa Kaleok Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, melakukan kegiatan gotong royong memperbaiki kondisi jalan yang licin, dan susah untuk dilalui warga setempat, Minggu (4/2/2018).

“tujuan dikerja ini, karena jika musim hujan, susah dilalui. maka ada inisiatif masyarakat untuk gotong royong” tutur Amri Penanggung jawab perbaikan jalan di Desa Kaleok.

Gotong royong warga Kaleok tersebut, dilaksanakan setiap hari Sabtu, dan Minggu. Itupun jika ada bantuan Semen dari para donatur kepada warga setempat.

“Setiap Sabtu, dan Minggu. Sabtu untuk mengambil pasir, dan Minggu dilakukan pengecoran, kalo ada bantuan Semen” Lanjut Amri

Dengan kondisi jalan yang susah untuk dilalui ini, warga mulai berinisiatif untuk melakukan pengecoran tapak jalan dengan mengandalkan swadaya masyarakat setempat. Pengecoran jalan tapak ini dimulai pada hari Sabtu (3/2/2018) lalu.

Secara pendanaan, perbaikan jalan ini tidak menggunakan dana desa. Dana yang digunakan tersebut, merupakan bantuan dari berbagai pihak, seperti Kepala desa Kaleok, Kepala Desa Amola, Kepala SMP Satu Atap Kaleok, dan sebagian bantuan dari anggota Dewan.

Proses Pengecoran jalan di desa kaleok, Binuang, Polewali Mandar. Minggu (4/2/2018). Photo: Amri

Pengecoran jalan tersebut sepanjang 300 Meter dan memiliki lebar kira-kira setengah meter. Jalur ini hanya untuk kendaraan Roda dua.

Untuk menuju ke pemukiman warga. Jalan ini merupakan jalur utama yang menghubungkan satu dusun ke dusun lain yang ada di Desa Kaleok.(kontributor/Amri)**