10 Desa di Kecamatan Luyo Laksanakan Pelantikan Anggota BPD Baru

Pelantikan Anggota BPD di Desa Puccadi, Kecamatan Luyo, Polewali Mandar
Pelantikan Anggota BPD di Desa Puccadi, Kecamatan Luyo, Polewali Mandar

Setelah melalui proses pemilihan di desa pada maret 2020 kemarin, kini anggota BPD (Badan Permusyarawatan Desa) dari 10 desa di kecamatan Luyo, baru dilantik kemarin, Senin 02/6/2020.

Keterlambatan pelantikan anggota BPD yang terpilih disebabkan adanya wabah virus Covid-19. Sehingga, pelaksanaan pelantikan mengalami ketertundaan.

Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar baru mengeluarkan SK (Surat Keputuasan) bulan kemarin Mei 2020. Disebabkan adanya pembatasan pergerakan disebabkan Covid-19, Bupati Polman mengeluarkan instruksi ke setiap Camat agar pelantikan BPD tetap dilaksanakan di desa masing-masing sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Kepala camat Luyo Muh Jumadil saat menghadiri pelaksanakan pelantikan di desa Puccadi menuturkan, secara mekanisme, Bupati harusnya melantik secara kolektif anggota BPD terpilih. Naum, karena adanya wabah Covid-19 maka, Bupati mengintrusikan pelantikan dilaksanakan di desa masing-masing.

“Pelantikan BPD yang baru seharusnya dilantik oleh bapak Bupati Polewali Mandar di kantor Bupati secara kolektif. Tapi, karena adanya wabah Covid-19 maka Bupati menginstruksikan agar pelantikan dilaksanakan di desa masing-masing.” ungkapnya

Selain itu, Camat Luyo dalam sambutanya juga meminta kepada anggota BPD yang baru agar tetap membangun kerja sama dengan kepala desa dalam memutuskan suatu kebijakan.

“Harapan saya sebagai camat Luyo, mengharap anggota BPD baru yang sudah dilantik betul-betul menjadi penyambung aspirasi masyarakat.  (Selain itu) dapat bersinergi dengan kepala desa untuk bisa mengangkat desa menjadi desa mandiri.” Harapnya

Tak hanya itu, camat Luyo juga berharap, BPD dan Pemerintah desa tidak saling menghambat kinerja masing-masing. Namun tetap saling mendukung dalam membangun desa.

“Kita juga akan mendorong agar kedepanya ada kegiatan Bimtek untuk menguatkan pengetahuan anggota BPD yang baru. BPD bukanlah saingan tapi, parner kerja. Saling bersinergi antara kepala desa dan PBD.” lanjut camat Luyo berharap.

Camat luyo melantik BPD yang baru di 3 desa setiap hari selama Empat hari (2 s/d 5 Jini). Desa di Kecamatan Luyo, berjumlah 10 desa. Hal tersebut membuat pemerintah Kecamatan Luyo membuatkan jadwal pelantikan agar pelantikan berjalan dengan baik.[pattae.com/Ridwan]*