21 Desa di Pasangkayu Sukses Laksanakan Pilkades Serentak

Pasangkayu – Sebanyak 21 Desa yang adi Kabupaten Pasangkayu sukses melaksanakan Pemilihan Calon Kepala Desa (PILKADES) secara serentak yang dilaksanakan Selasa 12/11/2019. Pemilhan tersebut untuk masa jabatan periode 2020/2025.

Antusias masyarakat pun untuk menentukan pilihannya sangat tinggi, terlihat di beberapa desa lokasi pencoblosan (TPS) mulai dari tahap pemilihan hingga proses perhitungan suara tetap dipadati masyarakat.

Dari 21 desa yang melaksanakan pemilihan di kabupaten Pasangkayu, ada 1 desa yang harus melanjutkan perhitungan hingga esok hari (13/22). Hal ini disebabkan karena proses perhitungan suara di desa tersebut memakan waktu hingga larut malam.

Desa-Kasano-melakukan-proses-perhitungan-suara-hingga-larut-malam-dan-di-padati-warga
Desa Kasano melakukan proses perhitungan suara hingga larut malam dan di padati warga

Saat pattae.com mendatangi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten pasangkayu, Sopan Sopian mengatakan, pihaknya telah memfasilitasi 21 Desa yang melaksanakan pemilihan dan menjamin kerahasiaannya.

“Kami sudah melakukan dan melaksanakan pemilihan secara serentak dan memfasilitasi desa untuk pengadaan kertas pencoblosan agar kerahasian dan kertas dapat terjaga dan selebihnya kita serahkan kepada panitia di desa”. ungkap Seksi fasilitasi pengelolaan keuangan dan aset desa DPMD Kabupaten Pasangkayu.

“Sekitar bulan kemarin, kami juga di sibuk-kan dengan calon kepala  desa yang harus melalui tahap seleksi. Karena calon kepala desa maksimal 5 calon dan itu sudah tertuang dalam peraturan.” lanjutnya

Lanjut, terdapat kelebihan calon dari beberapa desa, sehingga pihak DPMD melakukan tahap seleksi tes tertulis untuk memenuhi maksimal 5 calon sesuai aturan pemilihan Kades.

“Sedangkan ada desa 6 sampai 9 calon hingga harus melalui tahap seleksi seperti tes tertulis dan tes wawancara. Maka bakal calon kepala desa yang dianggap tidak memenuhi persyaratan kami nyatakan gugur”. tutupnya

Sesuai informasi dari Pendamping Tenaga Ahli Kabupaten Pasangkayu, Naharuddin. Berikut hasil dan nama calon kepala desa yang dinyatakan terpilih secara demokrasi dari 21 desa di Pasangkayu, Sulawesi Barat:

1. Desa Kenangan – FREDRIK PAPARANG (Inkamben)
2. Desa Parabu – MATHIUS SERANG (Baru)
3. Desa Bajawali – KETUT LANGGA (Baru)
4. Desa Karave – SUHARDI (Baru)
5. Desa Lelejae – BACHTIAR (Baru)
6. Desa Sumbersari – I NYOMAN GEDE MARIANA (Incamben)
7. Desa Ompi  – M. TAHIR (Incamben)
8. Desa Kasano – MANSYUR (Baru)
9. Desa Balanti  – Hj. Hermawati (baru)
10. Desa Benggaulu  – Muh. Basri Supu (Baru)
11. Desa Makmur Jaya  – Ahmad Haeruddin (Baru)
12. Desa Lariang   – FIRMAN (Incamben)
13. Desa Pedanda – Wahyudi (Baru)
14. Desa Polewali  – MUJAIS (Incamben)
15. Desa Randomayang  – AHMAD KHARLI (Baru)
16. Desa Kasoloang  – MAKMUR, S.Sos (Penjabat)
17. Desa Kalukunangka  – NURDIN M. (Incamben)
18. Desa Bambaira  – RAHMATULLAH (Baru)
19. Desa Saptanajaya  – LALU ZAKARIA (Baru)
20. Desa Tammarunang  – ABU. S (Incamben)
21. Desa Kumasari  – HERIANTO (Baru)

Kepala desa yang dinyatakan terpilih. Selanjutkan, Bupati Kabupaten Pasangkayu akan melantik secara serentak pula, kepala Desa terpilih pada tahun depan (2020).[pattae.com]

Penulis: Ridwan*
Kontributor: Ridwan*

Tags
Back to top button
Close
Close