262 Kepala Keluarga Menerima BLT Dana Desa di Batetangnga

Warga Sedang mengecek nama di baliho penerima BLT Dana Desa di depan Kantor Desa Batetangnga
Warga Sedang mengecek nama di baliho penerima BLT Dana Desa di depan Kantor Desa Batetangnga

Pemerintah Desa (Pemdes) Batetangnga mulai membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk penanggulangan warga miskin yang terkena dampak pandemi Covid-19. Bantuan tersebut disalurkan terhadap keluarga yang membutuhkan dan dinilai layak menerima bantuan berlangsung di Aula Kantor Desa, Jumat, 22/05/2020.

Bantuan yang tersalurkan tersebut, berupa uang tunai sebesar Rp 600.000, dan diberikan kepada penerima BLT DD per bulan selama tiga bulan.

Kepala desa Batetangnga Muhammad Said, SH mengatakan sebanyak 262 warga miskin yang ada di Batetangnga mendapat bantuan dana desa.

Dalam menentukan kriteria calon penerima, ukuran utama yang digunakan pemerintah dan para tim relawan adalah penerima yang belum mendapatkan bantuan sosial (bansos) seperti PKH dan telah kehilangan penghasilan akibat dari Covid-19.

“Jumlah penduduk desa Batetangnga yang terdaftar menurut kerja keras para relawan, berjumlah 262 orang. Itu diluar dari warga miskin yang menerima bantuan PKH dan menerima non-pangan non-tunai”.  Ungkap Kades Batetangnga.

Lanjut Kades Batetangnga Muhammad Said mengklaim, penyaluran bantuan desa yang dilakukan pemerintah Desa bersama tim Relawan yang melakukan pendataan, sudah tepat sasaran.  

“Insyaallah, karena sudah dideteksi sedemikian rupa menurut teknis dan petunjuk yang ada yang dilakukan oleh relawan semua sudah tepat sasaran”. Lanjutnya saat ditemu di sela-sela pembagian BLT Dana Desa.

Salah satu warga desa Batetangnga yang mendapat bantuan BLT Dana Desa mengatakan, sangat terbantu dengan adanya Bantuan Langsung Tunai dari Dana desa tersebut.  

 “Sangat senang, dibantu sama pemerintah, saya sangat berterima kasih kepada pemerintah atas kepeduliannya”.  Ungkap Amiruddin, warga Dusun Penanian Baru, Desa Batetangnga.

Lanjut Amiruddin, Bantuan sebesar Rp 600.000 itu, akan ia gunakan untuk belanja kebutuahan hidup keluarganya.  

“Saya gunakan untuk keluarga saya untuk belanja kebutuhan sehari-hari”. Tambahnya dengan gembira setalah mendapat BLT Dana Desa di Aula Kantor Desa Batetangnga, Jumat 22/05/2020.

Setelah penyaluran BLT dana desa, pemerintah desa juga akan menyalurkan bantuan dari Dinas Sosial untuk keluarga miskin yang ada di desa Batetangnga.[pattae.com/Tato]*

Tanaman Gadung atau Sikapa
Gadung atau Sikapa, Jenis Umbi Beracun namun Kaya Manfaat