4 Siswa MTs Ma’arif NU Kanang Ikut Kompetisi Sains: Targetnya Juara

Kompetisi Sains
Kepala Madrasa MTs Maarif NU Kanang, Ayuba, S.Pd.

Kementerian Agama (Kemenag) RI dalam waktu dekat menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2022. Menjadi wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa Madrasah, Kegiatan tersebut direncanakan berlangsung mulai 13-14 Agustus 2022 mendatang.

Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Pondok Pesantren Nahdlatul Ummah (NU) Kanang, ikut serta pada kompetisi KSM 2022 tersebut. Mereka menargetkan siswanya bisa juara di semua bidang studi yang diperlombakan di KSM nantinya.

Targetnya harus juara. Walaupun bersaing dengan tingkatan lebih diatas. Yak, kita harus juara. Makanya pembimbing harus maksimal memang,” ungkap Kepala Sekolah MTs Ma’arif NU Kanang, Ayuba Nota, Sabtu (30//7/2022).

Terkait persiapan MTs Ma’arif mengikut sertakan siswanya pada KSM 2022, Ayuba, mengatakan, pihaknya terus melakukan pembimbingan bagi siswa, sesuai bidang studi yang akan diikuti nanti.

“Persiapannya hampir setiap hari dibimbing oleh guru yang mengampu bidang studi itu. Misalnya, Matematika dibimbing langsung guru Matematika,” ungkapnya.

Terus, “Bentuk bimbingannya itu mengacu ke soal-soal (KSM) sebelumnya untuk siswa yang masuk dalam bimbingan KSM nantinya,” lanjutnya.

Meski MTs Ma’arif NU Kanang merupakan madrasah yang baru memiliki satu kelas, selaku Kepala Madrasah, Ayuba, tetap optimis siswanya mendapat juara pada ajang KSM 2022.

“Kita tidak boleh kalah dari Madrasah-madrasah lain. Kalau Madrasah lain bisa juara, walaupun mereka sudah punya peserta tiga tingkatan, kelas Tuju, Delapan, dan Sembilan. Kenapa NU (MTs Ma’arif) tidak bisa juara, walaupun itu baru satu tingkatan,”

4 siswa MTs Ma’arif NU Kanang yang akan diikutkan pada KSM 2022 mendatang, diantaranya; FItri Ramadhani, dan Afifah Salsabilah, akan mengikuti lomba dalam bidang studi IPS Terpadu Terintegrasi. Nuralisya R, di bidang studi Matematika Terintegrasi, dan Eka Ulandari, di bidang studi IPA Terpadu Terintegrasi.

Keempat siswa tersebut, akan mengikuti tahap simulasi yang akan diselenggarakan pada 10-11 Agustus 2022 mendatang di tingkat Kabupaten.

Tidak hanya tingkat MTs dari Pondok Pesantren NU Kanang yang akan ikut dalam kompetisi sains Madrasah. Tingkat SMA NU Kanang juga mengikutkan 5 siswa nya dalam kompetisi tersebut.

Selain juara, terget MTs dan MA Ma’arif NU Kanang ikut KSM, juga merupakan ajang promosi sebagai Madrasah yang baru berdiri tahun ini (2022) dibawa naungan Ponpes NU Kanang.[*]