Remaja Masjid Nurul Huda Batetangnga Mengikuti LDK

40 Remaja Masjid mengikuti kegiatan latihan dasar kepemimpinan
40 Remaja Masjid mengikuti kegiatan latihan dasar kepemimpinan. Photo: Mujahidin

Sekitar 40 Remaja Masjid menjadi peserta dalam Latihan Dasar Kepemimpinan atau LDK yang berlangsung mulai  23 s/d 24 Maret 2019. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Majlis Ta’lim dan Pengurus masjid Nurul Huda Desa Batetangnga.

Pelaksanaan kegiatan itu mendapat dukungan dari Mahasiswa yang mengikuti program KKN kampus STIE Mamuju, Serta Pemuda Desa Batetangnga.

Ketua Majlis Ta’lim masjid Nurul Huda Desa Batetangnga mengatakan, kegiatan tersebut tetap berlanjut hingga menghasilkan generasi berikutnya.

“Kegiatan kami ini, tidak sampai hari ini saja. Tapi, kami rencananya kegiatan ini, atau sekolah rama remaja ini, tetap berkelanjutan. Kemudian, kami berharap semoga ada regenarasi dari pesertanya”. Ujar Juliani.  

Dalam kegiatan Tersebut, remaja masjid yang hadir di ajarkan tentang bagaimana cara menghadapi kehidupan dalam bermasyarakat. Selain itu, mereka juga dilatih untuk memahami nilai-nilai kultur yang ada di Desa Batetangnga.

Peserta yang hadir merupakan remaja usia 12 s/d 16 tahun dari Desa Batetangnga yang mengenyam pendidikan tingkat SMP dan SD. Untuk Pemateri dalam kegiatan LDK tersebut, merupakan pemuda-pemuda dan masyarakat juga dari Desa Batetangnga sendiri.

Kegiatan itu terdapat 10 materi. Seperti, Kontra Belajar, Metode Diskusi, Public Speaking, Problem Solving, Administrasi dan Kesekretariatan, serta Teknik Memandu Acara.  Untuk pengetahuan ke Islaman terdiri dari Esensi Ajaran Islam, Komitmen Muslim, Masjid Sebagai Pusat Kegiatan Remaja, dan Kepemimpinan dalam Islam.

Nurdiansyah, salah satu pemateri dalam kegiatan LDK remaja masjid tersebut berharap, apa yang telah mereka dapatkan, dapat membimbingnya kedepan.

Saya sangat berharap, ilmu yang mereka dapat selama pengkaderan, menjadi pembimbing bagi mereka untuk menghadapi tantangan zaman. Dan tentunya, bisa menjadi contoh bagi remaja-remaja masjid lainnya”. Harapnya.

Sumber anggaran kegiatan itu, murni dari swadaya masyarakat Desa Batenganga melalui gerakan “Sikadudu” dengan melakukan aksi 1 canteng gelas. Gerakan tersebut merupakan program Majelis Ta’lim masjid Nurul Huda.

Bagaimana mereka mampu membangun jiwa kepemimpinan, semangat berorganisasi, untuk generasi muda harapan Desa Batetangnga kedepannya, menjadi tujuan LDK tersebut.(pattae.comOmbe)*