5 Unit Rumah Rusak Akibat Longsor, 2 Diantaranya Rata Dengan Tanah

Longsor menimbun 5 rumah warga
Longsor menimbun 5 rumah warga Tapango, Polewali Mandar, 13/1/2020

Longsor terjadi Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar Rabu (13/1) kemarin. Dari kejadian itu setidaknya 5 rumah warga mengalami rusak parah akibat dihantam tanah longsor. 2 diantaranya rata dengan tanah.

“Lima unit rumah mengalami rusak parah 2 diantaranya rata dengan tanah, 1 (satu) unit motor kebun yamaha vega dan 1 (satu) unit bentor tertimbun tanah,” ungkap Humas Polres Polman dalam rilis yang dikirim ke media, Kamis 14/1/2020.

Intensitas hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Polman menjadi alasan bencana longsor terjadi di sejumlah titik. Mendengar hal tersebut kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono langsung memerintah anggotanya untuk turun ke lokasi tanah longsor di kecamatan tapango.

Dalam kejadian tersebut, menurut laporan yang dikirim Humas Polres Polman. Sebelum terjadi longsor, warga menyelamatkan diri keluar dari rumah. Sehingga hingga Saat ini, belum ada ditemukan korban jiwa.

Aksi Tanggap Bencana, Personil Polres Polman di lokasi Longsor dibantu masyarakat sekitar. Hingga saat ini Personil Polres Polman dan warga setempat masih melakukan evakuasi menggunakan alat seadanya, sepeti parang, dan gergaji mesin.

Diketahui Ada 3 titik bencana alam yang terjadi di wilayah Kecamatan Tapongo Kabupaten Polman pada 13/1/2021 kemarin.

Selain longsoran tanah terjadi di dusun dusun Tappan, desa Kalimbua, juga terjadi luapan air yang mengakibatkan jembatan gantung yang menghubungkan desa Tapango dan desa Desa Tapango Barat.

Selain itu, jalan yang menghubungkan dusun Riso dan dusun Tondo Pata Desa Riso KecamatanTapango amblas akibat Intensitas curah hujan sangat tinggi di wilayah tersebut.

Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono meminta kepada masyarakat Polman agar selalu waspada saat musim penghujan datang.

“Agar masyarakat selalu waspada terhadap cuaca ekstrem,” pintanya.

Tak hanya itu, Ardi Sutriono juga meminta, apabila terjadi bencana alam agar segera melaporkan ke Polres Polman guna mempercepat evakuasi.

“Polres Polman beserta BPBD Polman selalu siaga dan siap melakukan evakuasi,” pungkas Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono,” tutupnya.