5o Kuda Pattu’du Meriahkan Peringatan Maulid Desa Kurma

Seorang peserta menungga Sayyang atau Kuda Pattu'du pada peringatan maulid Nami di Desa Kurma
Seorang peserta menungga Sayyang atau Kuda Pattu'du pada peringatan maulid Nami di Desa Kurma

Kurma-PaTTaE.com | Pemerintah Desa Kurma, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar melaksanakan peringatan Maulid Akbar ke V (lima), dengan menghadirkan 50 ekor kuda Pattudduq, kamis (23/1/2020). Kegiatan tersebut merupakan rutinitas pemerintah Desa yang sudah berjalan 5 tahun dan telah menjadi agenda rutin di pemerintah Desa.

Jais, selaku kepala Desa Kurma mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang tengah menghadiri kegiatan maulid akbar tersebut.

“Saya bersyukur dan berterimakasih atas kehadiran undangan baik dari pemerintah kabupaten, kecamatan dan seluruh lapisan masyarakat dan insyaAllah, tahun kedepan-nya akan tetap di adakan maulid Akbar ke enam dan seterusnya karena ini sudah menjadi ciri khas desa kurma”. Ungkapnya

Selain untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad S.A.W, kegiatan itu juga sebagai ajang silahturahmi antara pemerintah kabupaten, kecamatan, desa  dan masyarakat kurma yang juga  disambut dengan Saiyyang Pattudduq atau kuda menari.

Saiyyang Pattudduq yang berjumlah 50 ekor ditunggangi warga yang dinamai “Pessawe”  tiap dua anak atau orang dewasa.

“Setiap maulid Nabi, ada Kuda penari dan kami dari pihak kepolisian selalu di libatkan untuk pengamanan selama kegiatan berlangsung . dan untuk tahun ini  kami menurunkan 24 anggota sesuai perintah”.  Ungkap Kanit Binmas Akp Soewarno Kasimin SH, Polsek Wonomulyo.

Kuda penari yang ditunggangi para masyarakat ini berkeliling kampung dan di arak bersama para pekerja seni tradisional atau “Parrabana” (tabuhan gendang). Iringan musik rebana itu membuat si Kuda menari.

Kegiatan atraksi 50 ekor kuda Pattudduq tersebut , menyebabkan terjadinya antrian kendaraan hingga beberapa meter. Kegiatan ini juga terdapat undian nomor kuda. Terdapat tiga nomor undian yang terpilih mendapat hadiah dari pemerintah desa.[Ynt]*

Foto Guru Kamaluddin saat berkunjung ke SMPN Anreapi, Senin 17/12/2018. Jepretan Echi
SMPN 01 Anreapi Mendapat Kunjungan Sang Guru Legendaris