6 Cara Minum Kopi Yang Sehat Bagi Orang Penderita Maag

kopi hitam dan biji kopi
kopi hitam dan biji kopi

Minum kopi pada waktu pagi kerap dijadikan aktivitas yang dikerjakan oleh sebagian orang. Menurutnya, minum kopi dapat menambah produktivitas seseorang, dan tidak membuat peminumya cepat lemas.

Namun setiap orang tidak sanggup untuk minum kopi, karena kandungan kafein dalam kopi bisa menambah tingkat asam lambung. Hal ini tentu tidak baik bagi seseorang yang menderita penyakit maag.

Tetapi kalian jangan terlalu cemas! tentu masih ada cara yang kalian bisa lalui untuk memperkecil kandungan asam pada kopi agar tetap aman saat diminum. Berikut langkah-langkahnya.!

  • Konsumsi kopi jenis Arabica karena mengandung kafein yang lebih sedikit

Selain kandungan kafein yang rendah, kopi Arabica juga dikenal sebagai jenis kopi yang mempunyai kandungan asam yang lebih sedikit dibanding kopi jenis robusta. Sebagai pendukung, kalian juga disarankan memakai bean kopi yang telah menjalani proses roasting. Karena dapat menurunkan kadar asam dan kafein yang tinggi pada kopi.

  • Minum kopi dengan metode seduh manual brew agar lebih aman untuk diminum

Biji kopi yang diseduh dengan metode manual brew kebanyakan melakukan proses penyaringan atau filter. Proses tersebut dapat menyaring ciri khas yang baik dibiji kopi. Tentu proses ini tidak menjadikan karakter asli pada biji kopi tersebut keluar.

Selain itu metode ini juga dipercaya bisa membuat kopi lebih ringan untuk dikonsumsi sebab ekstraksi yang terjadi hanya menggunakan waktu kurang lebih dua sampai tiga menit saja.

  • Minum kopi dengan tambahan milk (susu)

Manfaat menambah susu dipercaya bisa mengurangi kadar asam didalam sikopi. Dan sebaiknya kalian menggunakan kopi susu yang rendah lemak dan tidak menggunakan gula.

  • Disarankan makan sebelum mengkonsumsi kopi

Kadar asam pada kopi pasti dapat menjadikan asam lambung meningkat. Jadi, bagusnya mengkonsumsi secangkir kopi satu jam setelah makan. Selain itu kalian juga bisa minum kopi sekaligus makan-makanan ringan.

  • Sandingkan kopi dengan air putih

Tentu jangan hanya disandingkan ya guys.! Maksudnya adalah setelah kalian minum kopi dianjurkan untuk meneguk air putih setelahnya. Sebab air putih berfungsi untuk menetralisir kandungan kafein dalam kopi.

  • Mengkonsumsi kopi dengan porsi yang sewajarnya

Walupun kalian dibolehkan minum kopi, kalian harus membatasi porsi kopi yang dikonsumsi ya guyz. Perlu kalian ketahui Kandungan kafein dalam kopi aman dikonsumsi setiap hari pada batas 100 sampai 200 gram. Jadi kalau secangkir kopi mengandung 100 gram kafein maka kalian hanya dianjurkan mengkonsumsi kopi maksimal dua cangkir perhari.   

Perlu diingat juga.! Metode yang seperti dijelaskan diatas memang dipercaya dapat meminimalisir terjadinya peningkatan asam lambung. Tapi tidak mesti kalian mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

Efek yang kadang dirasakan saat kelibihan asam pada lambung setelah minum kopi adalah badan akan bergetar dan perut sakit. Jadi kalian harus sesegera mungkin berhenti atau absen minum kopi untuk beberapa hari. Itu berguna untuk menetralisir kandungan asam pada lambung kalian. [pattae.com]

Penulis: Irwan Jel*
sumber: Hipwe

Angka Kemiskinan bukan karena rokok
Angka Kemiskinan Bukan Karena Rokok, Berikut Bantahannya