7 Rekomendasi DPRD ke Pemkab Polman Terkait LKPJ Bupati 2021

Rekomendasi DPRD Polman
Penyerahan LKPJ Bupati Tahun 2021 ke Ketua DPRD Polman

Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2021 Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Pemkab Polman), disetujui seluruh Fraksi DPRD Polman. Hal itu disampaikan Juru bicara Badan Anggaran (Bangar) Jasman, dalam sidang paripurna yang dilaksanakan pada, Jumat (28/72022) kemarin.

Meski demikian, DPRD Polman meninggalkan 7 catatan (rekomendasi) terkait LKPJ Pemkab Polman tahun anggaran 2021 untuk di lebih ditingkatkan lagi.

Menanggapi itu, Bupati Polman perintahkan jajarannya di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segara diselesaikan dalam waktu dekat.

Saya kasi waktu satu minggu kedepan untuk OPD menyelesaikan rekomendasi DPRD Polman,” Tegas Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar,

Hal tersebut ia sampaikan langsung dihadapan peserta sidang paripurna yang berlangsung di Kantor DPRD Polman, Jumat (28/7) kemarin.

7 Rekomendasi DPRD Polman ke Pemkab Polman

Berikut ini 7 rekomendasi DPRD Polman kepada Pemkab Polman untuk dapat ditindak lanjuti kedepannya:

Pertama, Direkomendasikan kepada Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar agar senantiasa meningkatkan kualitas SDM ASN melalui penguatan kapasitas terutama terhadap ASN pengelola keuangan.

Kedua, Pemkab Polman agar lebih mengoptimalkan koordinasi, pengawasan dan evaluasi terhadap berbagai kebijakan, program, dan kegiatan yang dilaksanakan serta mendorong sinergitas antara OPD.

Ketiga, Pemkab Polman dalam menyusun perencanaan (program dan kegiatan) serta penganggaran didasarkan pada data dan informasi valid. Serta alokasi anggaran yang berbasis kinerja. Sehingga, apa yang direncanakan dapat direalisasikan secara optimal, tepat sasaran, tepat waktu dan tepat kualitas.

Keempat, Pemkab Polman dalam pengelolaan keuangan senantiasa berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan. Taat terhadap prinsip-prinsip pengelolaan keuangan (transparan, akuntabel, tertib, ekonomis, efektif dan efisien). Serta mempertimbangkan asas keadilan, kepatutan dan kemanfaatan untuk masyarakat Kabupaten Polewali Mandar.

Kelima, Pemkab Polman dalam penyusunan program dan kegiatan, tetap fokus dan konsisten terhadap pencapaian Visi dan Misi Pemkab Polman sebagaimana termuat dalam RPJMD Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2019-2024.

Keenam, Pemkab Polman mengalokasikan anggaran yang memadai dan proporsional terhadap program/kegiatan pemulihan ekonomi. Serta pengembangan SDM yang terpadu sebagaimana layaknya program prioritas, untuk mewujudkan visi Polman Maju, Rakyat Sejahtera.

Ketuju, realisasi PAD yang melampaui target, terutama retribusi daerah dan lain-lain PAD yang sah (terutama keuntungan BLUD-RSUD) adalah suatu hal yang patut diapresiasi dan menjadi Best Practice. Perlu didukung dan lebih dioptimalkan melalui berbagai upaya yang lebih inovatif dan kreatif, termasuk melakukan validasi ulang terhadap potensi-potensi PAD yang ada.

Hadir dalam sidang Paripurna tentang LKPJ Bupati Polman Tahun Anggaran 2021 Wakil Bupati Polman M. Natsir Rahmat, Ketua DPRD Polman Jupri Mahmud. Wakil Ketua I Amiruddin, Wakil Ketua II Hamzah Syamsuddin, sejumlah anggota DPRD Polman serta unsur Forkopimda dan pimpinan OPD.[*]