8 Lembaga Prediksi Akhir Pandemi Virus Corona di Indonesia

prediksi akhir pandemi Covid-19 di Indonesia
prediksi akhir pandemi Covid-19 di Indonesia

Beberapa lembaga membuat penelitian guna mem-prediksi akhir pandemi Covid-19 di Indonesia. Dilansir dari Katadata (8/5), Terdapat delapan lembaga yang memperkirakan puncak pandemi berbeda-beda di tahun 2020.

Delapan lembaga yang memprediksi puncak penyebaran virus corona di Indonesia diantaranya 6 lembaga Perguruan Tinggi seperti Iluni Dept. Matematika UI, FKM Universitas Indonesia Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, dan Singapore University of Technology and Design (SUTD).

Unsur lain diluar dari lembaga pendidikan yang mengungkap hasil prediksinya yaitu, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Indonesia, dan Badan Intelejen Negara (BIN).   

Prediksi yang dilayangkan ke publik tidak hanya mengungkap akhir dari pandemi Covid-19 di Indonesia. Lembaga tersebut juga mengungkap kalkulasi warga Indonesia yang terpapar virus Corona pada puncak pandemi.

Wiku Adisasmito selaku Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,  memprediksi puncak Covid-19 di Indonesia dimulai pada Awal Mei. Pada masa itu ungkapnya, terdapat 95.000 kasus terkonfirmasi positif virus Corona. Kalkulasi ini berdasarkan gabungan pemodelan sejumlah institusi dan peneliti.

Dua lembaga lainnya juga memprediksi bulan Mei sebagai puncak masa pandemi seperti UGM dan ITB. Kalkulasi angka yang terkomfirmasi Covid-19 mencapai 6 ribu hingga 600 ribu orang.  

Prediksi lain menunjukkan puncak pandemi Covid-19 mulai Juni hingga September 2020 dengan warga yang terjangkit virus mulai angka 600 ribu orang hingga 2,4 juta orang terkonfirmasi Covid-19.

Sementara Direktur Data Driven Innovation Lab, sekaligus dosen Singapore University of Technology and Design (SUTD), Profesor Jianxi Luo memprediksi puncak pandemi Covid-19 sejak 20 April lalu. Pihaknya memperbarui prediksi pada Selasa (5/5) dan memperkirakan Indonesia akan bebas dari wabah Covid-19 sepenuhnya pada 7 Oktober 2020.

Kasus Pandemi Covid-19 di Indonesia

Kasus warga Indonesia yang terpapar virus Corona per 11 Mei 2020. Positif Covid-19 sebanyak 14.265 presentase kenaikan mencapai 233 dalam sehari, sedangkan yang dinyatakan sembuh sebanyak 2.881, naik 183 perhari. Sedangkan yang meninggal hanya naik 18 orang dalam sehari, hingga kini jumlah warga indonesia yang meninggal sebanyak 991 orang.

Di Sulawesi Barat, data terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 62 orang, 5 diantaranya dinyatakan sembuh, dan 2 lainnya meninggal dunia.[pattae.com/Tato]*

Source: Katadata.co.id*