9 Tips Mengoktimalkan Kinerja Sistem Windows di Komuputer

Sistem Windows
Ilustrasi

Penggungnaan teknologi saat ini sudah tak bisa lagi terpisah dari kehidupan manusia. Segala pekerjaan tentu membutuhkan alat bantu seperti komputer dan lain sebagainya. Namun penggunaan teknologi seperti komputer, juga memiligi waktu tertentu dalam memaksimalkan operasinya.

Terkadang ada masa, ketika komputer yang gunakan performanya tak seperti dulu lagi. Kadang loading, ruang penyimpanan penuh, terserang virus dan sebagainya sehingga, mengganggu aktivitas kita dalam penggunaannya.

Dari sekian masalah seperti ruang penyimpanan yang penuh karena banyaknya file ganda, file tidak berguna, dan lain sebagainya tentu memiliki jalan dalam meyelesaikannya.

Membersihkan file yang tidak berfungsi atau tidak diperlukan di sistem Windows komputer kita dapat membantu meningkatkan kinerja dan membebaskan ruang penyimpanan.

Berikut adalah beberapa 9 tips membersihkannya sistem windows untuk mengoktimalkan kinerja komputer:

Tips Mengoktimalkan Kembali Sistem Windows

  • Gunakan Disk Cleanup: Windows memiliki utilitas bawaan yang disebut “Disk Cleanup” yang dapat membantu Anda menghapus file sementara, cache, dan file sistem yang tidak diperlukan. Anda dapat mengaksesnya dengan mengetikkan “Disk Cleanup” di kotak pencarian Windows.
  • Hapus Temporary Files: Selain menggunakan Disk Cleanup, Anda juga dapat menghapus file temporary secara manual. Ketik %temp% di kotak pencarian Windows dan tekan Enter untuk membuka folder Temporary. Hapus semua file yang ada di dalamnya (beberapa mungkin tidak dapat dihapus karena sedang digunakan).
  • Hapus File yang Tidak Berguna: Lakukan pemeriksaan manual terhadap folder seperti Downloads, Dokumen, dan Desktop untuk menghapus file yang tidak lagi Anda butuhkan. Periksa juga folder Program Files untuk aplikasi yang tidak digunakan dan hapus folder instalasi yang tidak berguna.
  • Uninstall Program yang Tidak Berfungsi: Buka “Control Panel” > “Programs” > “Programs and Features” untuk melihat daftar program yang terinstal. Hapus program yang tidak pernah atau jarang Anda gunakan.
  • Membersihkan Registry (Hati-hati): Jika Anda yakin, Anda bisa membersihkan registry untuk menghapus entri yang tidak valid atau tidak berguna lagi. Gunakan alat pembersih registry yang andal dan pastikan untuk membuat cadangan registry sebelum melakukan perubahan.

  • Gunakan Alat Pembersih Third-party: Ada banyak alat pembersih pihak ketiga yang bisa membantu Anda membersihkan file yang tidak perlu dan melakukan optimisasi sistem secara menyeluruh, seperti CCleaner, Wise Disk Cleaner, atau Glary Utilities.
  • Periksa dan Hapus File Duplikat: Pengecekan dan penghapusan file duplikat dapat membantu menghemat ruang penyimpanan. Gunakan alat khusus seperti Duplicate Cleaner untuk menemukan dan menghapus file duplikat.
  • Defragmentasi Disk: Meskipun Windows 10 dan versi lebih baru secara otomatis mengelola defragmentasi, tetapi untuk versi Windows sebelumnya, defragmentasi disk secara teratur dapat meningkatkan kinerja dengan mengatur ulang data yang tersebar di hard drive.
  • Perbarui dan Lindungi Sistem: Pastikan perbarui patch sistem Windows Anda agar selalu aman dan stabil. Gunakan juga antivirus yang terpercaya untuk melindungi sistem dari malware yang dapat mengisi ruang penyimpanan.

Dengan mengikuti tips di atas secara teratur, Anda dapat menjaga sistem Windows tetap bersih, berkinerja optimal, dan memaksimalkan ruang penyimpanan yang tersedia.[*]